Wahai Perempuan, BERBAHAGIALAH !!

Yang menyembunyikan airmatanya sepanjang malam.
Yang menyimpan cinta bungkam dalam seribu bahasa diam.
Yang doa-doanya menggetarkan pilar-pilar istana kelam. . .

image:ramaniyaonline.com

Perempuan. . .
Wanita. . .
Meski seakan selalu jadi manusia kedua di bawah pengaruh para pria. Tapi siapa yang dapat menampik keberadaan dan perannya dalam kehidupan?
Seperti shalat yang merupakan tiang agama. Maka wanita disahkan menjadi tiang negara.

Bahkan seorang super hero pun kesepian galau tiada arti tanpa pujaan hati mendampingi.
Tengoklah Spiderman yang harus kuat demi Marry Jane.
Atau Superman dengan Lois. .
Pun Shrek dengan putri Fiona. (masuk kategori super hero gak ya?)

Dan menjadi perempuan pun amatlah berarti, dan penting artinya mengendalikan suasana hati.
Bahkan sebutir debu pun bermakna, ketika ia membuat kelilipan manusia dan orang-orang baru menyadarinya.

Yah. .meski seringkali masalah hidup datang bertubi-tubi dan terus menguji 'kelemahan' (baca: kekuatan dan kesabaran) kaum hawa.
Ada berjuta sebab yang dijadikan pembenar alasan kesedihan, minimal pikiran tidak karuan.

Anak-anak yang kelewat banyak, kadang rewel dan sedikit nakal sedangkan tubuh lelah melebihi batas toleransi.
Atau malah tak punya buah hati sibiran jantung barang seorangpun, padahal telah bertahun-tahun mendambanya dan rasanya amat siap menerima karunia.
Cinta pertama kandas tiada berbalas pada seorang lelaki kakak kelas.
Atau mungkin papa mama yang lebih respek dan perhatian pada abang atau adik laki-laki.

Kebahagiaan seperti anak singa yang berlari mengejar ekornya, tersengal-sengal namun tak kunjung mendapatkannya.

Kata-kata itu pernah saya baca di suatu media yang saya tak ingat sumbernya. Ya, seringkali kita bekerja dan berusaha untuk meraih segala yang kita klaim akan membuat bahagia. Terus mengejarnya, sampai di satu titik dimana segalanya terasa hampa dan minim makna.

Karena sejatinya bahagia adalah saat kita berhenti untuk menengok dalam hati, merenungi dan mensyukuri apa yang dititipkan pada kita saat ini.

Klise memang, dan mungkin bosan membaca teori-teori semacam ini. Tapi memang beginilah adanya. Apa yang dapat manusia harapkan jikalau berada di tengah kekurangan. Mengeluh? Atau mau protes pada Tuhan dan lantas menjadi gila sekalian agar berhenti dirundung kesedihan?

TIDAK !!!

Aku tak akan lagi memilih bahagia jika. . Jika nanti jadi orang kaya, jika anak-anak ku mandiri dan dewasa atau hanya akan bahagia jika punya rumah segede istana.
Tapi aku pasti bahagia karena. . .
Ya, karena aku punya keluarga, karena aku bisa hidup layak walau bukan orang kaya.
Dan yang terpenting aku dapat bersyukur karenanya, menuliskannya dan berbahagia didalamnya.

23 thoughts on “Wahai Perempuan, BERBAHAGIALAH !!

  1. perempuan memang fenomenal, tapi apa yang bisa kutulis tentang fenomena perempuan ?
    ah, masih tetap saja kembali ke titik nol !

    bagiku perempuan adalah puisi yang di tiap inchi dirinya tertata berjuta juta aksara, rima dan diksi
    …dan tak berkesudahan ejaan ejaannya

    "Menjadi seorang perempuan adalah pilihan. Bukan engkau yang memilihnya, tapi DIA yang memilihkannya untukmu. Aku tahu, Allah penggenggam segala ilmu. Sebelum Ia ciptakan engkau, Ia pasti punya pertimbangan khusus. Hingga akhirnya saat engkau lahir ke dunia, Ia menjadikanmu perempuan. Engkau harus sadar, tidak main-main Allah mengamanahkan ini padamu…! Karena kutahu, perempuan adalah makhluk yang luar biasa. Yang dari rahimnya bisa terlahir manusia semulia Rasulullah atau manusia sehina Fir'aun…"

    salam santunku untukmu bunda

    Like

  2. @Taofiqussalam,

    komenmu kali ini 'ngena bgt'. Membuat sy smkin sadar dan harus survive agar mjd perempuan yg berbahagia, ikhlas pd takdirx dan sungguh2 menjalani peranx krn ada anak2 dibelakang sy. Yg mau jd spt apa tergantung ortu yg membentukx.

    Thanks ya. . .

    Like

  3. Assalamualaikum wr wb.

    Alhamdulillah, syukurku pada-NYA.
    Aku tak pernah menyesal menjadi wanita.
    Meski pernah terluka.
    Tapiku bangkit seperti semula.
    Hingga aku bahagia.
    Menjadi perhiasan terindah didunia.
    Juga bidadari di surga.
    SEMOGA…

    Like

  4. Assalamu'alaikum,.

    wah, bagaimana caranya merangkai semua kata itu hingga jadi sebuah puisi yang indah? salut tenan.. 🙂

    Wanita adalah pemimpin negara. Jika wanitanya baik, maka negarapun ikut baik, jika rusak, negarapun ikut rusak… bener ndak? hehe..

    Like

  5. seperti yg dikatakan pepatah.. "di balik kesuksesan seorang pria, di situ ada wanita tangguh yg mendampinginya"

    keren lah postingannya 🙂

    Like

  6. seperti yg dikatakan pepatah.. "di balik kesuksesan seorang pria, di situ ada wanita tangguh yg mendampinginya"

    keren lah postingannya 🙂

    Like

  7. Subhanalloh.

    Dulu Wanitaku masih sendiri dan sekarang sudah tidak sendiri lagi, karena sudah ada lelaki Tampan disisinya yaitu saya..?

    Semoga Wanitaku Bahagia menjadi pendamping hidupku.

    He..he.. Lagian mengingat nilai kebahagiaan gampang-gampang sudah mbak ayu..? Yah semoga wanitaku merasakan bahagia di sampingku selama-lamanya.

    Like

  8. jd bahagia nih, hehehe

    jujur, dulu aku prnah iri ma anak laki2..
    mereka lbh bebas,
    ga kaya anak cwe yg serba dibatasi 😦
    tp yaa bnyk jg sih kelebihan perempuan yg ga d'miliki lk2,
    jg sebaliknya.

    Allah maha adiL

    Like

  9. Kunjungan Pertama Saya Disini Bro..
    Kalau Boleh…
    Follow Blog Saya
    100% Saya Pasti Follback Deh…
    Salam Sesama Blogger MWB 🙂

    Like

  10. @Emma Wuddan,

    sy juga sering merasa gitu. Tp skrg udah gak terlalu lg. Udah sdr aja ama diri spt apa dan hrs bgmn menjalani smuax.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s