TUMIS PEDAS TERONG PIPIT

BOSAN banget dengan monotonnya aktivitas dapur. Lagi-lagi makan nasi, ikan atau sayur apa hari ini? Masak menu apa ya. .? (padahal aslinya emang malas masak).
Kalo ke pasar biasanya pucuk daun katuk, atau bayam, pucuk singkong, atau yang pahit pucuk daun pepaya. Apa pucuk menara masjid gak bisa dimasak sayur?

Mati gaya nee gue.
Tapi kemaren di tukang sayur ada Terong Pipit ini, katanya enak digoreng/tumis, pahit-pahit gurih manis.
Padahal aslinya ini tanaman tumbuh liar di semak-semak atau area persawahan yang kering. Sama sekali gak dilirik manusia buat menu bersantap, aslinya emang makanan burung kan?

Ini resepnya:

* 1 mangkok terong pipit yang sudah dipipil tangkainya.

* Garam secukupnya

* 3 siung bawang merah.

* 2 siung bawang putih.

* 15-20 biji cabe rawit.

* Terasi dan asam jawa satu ruas jari.

* 2 batang cabe merah dan hijau besar, iris tipis.

CARA MEMASAK:

Semua bumbu dihaluskan kecuali cabe besar. Siapkan wajan di atas api sedang, tambahkan minyak goreng kira-kira 2-3 sendok makan. Tumis bumbu halus dan masukkan cabe merah/hijau yang telah diiris, sambil dioseng perlahan hingga harum.

Masukkan Terong Pipit yang sudah dicuci bersih, tambahkan sedikit air dan gula (perlu diingat, gula jangan ditumis bersama bumbu karena bisa mengurangi kadar kepedasan masakan).

Tutup wajan sambil sesekali diaduk, kira-kira 5-10 menit tumisan matang, tambahkan penyedap bila suka.

Tumis Pedas Terong Pipit siap dinikmati. Ternyata ada sensasi rasa berbeda saat menyantapnya, selain pahit-pahit gurih ada 'krenyes-krenyes' saat dimulut. Terong Pipitnya 'meletus'.

Hmm. . . Yummy. . .:-)

Advertisements

21 thoughts on “TUMIS PEDAS TERONG PIPIT

  1. Assalamu'alaikum wr wb

    kunjungan sore bun:)

    wah siip ne bun,jd lper ne:D

    ntan ijin save ah resep'a wt d coba,
    mksh bunda dh brbagi:)

    Like

  2. wah..' wah..' kapan-kapan istriku aku buatin blog ah..' biar bersahabat sama mbak ayu..? Jadinya bisa bertukar pengalaman memasaknya.

    Tetapi aku takut banget sama pedas mbak..? He..he..

    Like

  3. Absen malam sob πŸ˜€

    Ma'af telat πŸ˜† , wahhh aku g bsa masak mbak

    Kunbal slalu di tunggu
    ADa new post ni :down:

    Bisnis Online Terbaru indonesia Di bayar
    Rp.250-Rp.600 per klik bisa di jalankan via Hp pembayaran bisa
    via pulsa dan Atm

    Untuk info selengkap nya silahkan kunjungi blog ku

    Like

  4. gimana bu,pake opera keren kan, menu blog gk berantakan,tulisan posting rapih kan dan 1 lg,anda bisa dengan jelas melihat Ketampanan saya.
    wkwkwkw,
    ok,jika ada mslh lg jgn dipendem nulis2 di buku diary,gkn bs ngsh solusi tuh buku,tanya aja sama bos S.K, rammseiza..
    hahaha..
    met mlm bu,
    mau pegang terong dulu,eh mkn terong mksudx.
    wkwk

    Like

  5. emakku masak apa yaa di rumah.
    aku kangen emakku.

    hari sabtu sore anakmu kan pulang maaaaak.

    ==========================
    semangat semangat semangat.

    cuma itu saja yang kusampaikan jangan pernah bosen untuk berkarya

    salam ngopi sedunia. ha ha ha

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s