DAHSYATNYA ADU DOMBA

Efek dari DAHSYATNYA OMONGAN ORANG

Sebenarnya tak tahu mau menulis apa, cuma tadi pas membaca postingannya Eanreana yang berjudul NAMAKU DIBAJAK, saya jadi tertegun. Dalam aktivitasnya aktif didunia bloging ternyata ada hal yang kurang mengenakkan, ada yang memakai namanya saat berkomentar di sebuah blog dengan kata-kata yang membuat si empunya blog jadi emosi. Si pembajak berkomentar kurang pantas yang intinya membuat nama baik Eanreana tercemar.

Mungkin si pelaku memang berniat mengadu domba (Banjar:adu asah, anjur atar) atau ada alasan lain, entahlah. . . Yang jelas itu sangat merugikan pemilik asli nama tersebut.

Memang ya, kejahatan dunia cyber ini tak mengenal belas kasihan, ruang, waktu atau usia. Semua orang bisa jadi korbannya. Mulai dari komentar-komentar menjatuhkan, postingan-postingan menyakitkan sampai pembajakan nama hingga pencurian identitas. Ingat kan, kejadian di luar negeri sono ada seorang remaja depresi dan bunuh diri lantaran saban hari dibully orang di jejaring sosial, ia tak tahan dihina/mendapat kekerasan verbal di dunia maya.

Omongan atau pembicaraan atau kata-kata akan memberi efek yang tak terduga, apalagi kata-kata jelek yang tak layak diungkapkan. Bisa berbuntut adu domba dan perpecahan.

Walau saya tak langsung mengalami hal ini di dunia maya, tapi saya tahu betul bagaimana jahatnya adu domba dan hasil dari domba aduannya tersebut.

Ceritanya beberapa tahun lalu saat almarhumah mertua saya masih hidup. Kala itu beliau mulai sakit-sakitan. (Al Fatihah. . . Untuk mama Mursinah, semoga tenang dan diterima Allah. Saya menuliskan ini agar jadi pelajaran bagi semua orang tentang jahatnya akibat adu domba yang membuat mertua dan menantunya berseteru.)

Sejak awal menikah sampai 7 tahun berumah tangga, saya telah seatap dengan mama mertua. Beliau seorang guru mengaji keliling yang berperangai baik dan agamis. Hubungan saya cukup baik dan tak pernah ada cekcok berarti selama dengan beliau. Tapi entah kenapa saat anak ke dua saya lahir, saat beliau mulai sering sakit, sifat dan sikapnya berubah. Beliau cuek dengan saya dan cucu-cucunya, tak lagi peduli dengan urusan dapur padahal saya sangat butuh bantuannya. Sampai si kecil menangis di ayunan saat saya mandi beliau pun tak peduli. Padahal biasanya beliau paling tak bisa mendengar tangis bayi, pasti langsung menenangkan dengan penuh sayang.

Berhari-hari tidak dipedulikan, karena kelelahan, akhirnya saya ‘meledak’ marah dan protes pada beliau dan suami. Saya tak tahan, apa salah saya sampai diperlakukan seperti menantu tak tahu diri??

Akhirnya mama mertua saya minggat dan menginap di rumah saudaranya. Sampai saya tahu penyebab perubahan sikap beliau dan akar masalahnya. Saat perselisihan itu, saya hampir berpisah dengan suami karena ia juga termakan omongan si pengadu domba. Tapi saya bersikeras kalau saya tidak bersalah dan saya tetap menghormati mertua saya.

Saat kebenaran terungkap. Akar masalahnya adalah keponakan beliau (sebut saja si A) yang mengatakan bahwa saya saat sama-sama mengantar anak sekolah TK suka menggunjing tentang mertua dan membicarakan penyakitnya. Entah dibumbui apa kata-katanya, mertua saya marah pada saya dan percaya pada si A itu. Padahal demi Tuhan, saya hanya menjawab dan menceritakan bagaimana keadaan kesehatan beliau saat si A bertanya, tak ada maksud lain untuk menjelek-jelekkan mertua (Banjar: mamandir nang kada baik).

Sedih sekali jika ingat saat itu, sekaligus marah. Dan selama 10 hari beliau di rumah saudaranya, si pengadu domba dan antek-anteknya puas menjelek-jelekkan saya karena tujuannya telah tercapai. Di rumah saya sudah seperti neraka, kepercayaan suami juga terkikis dan menyangka saya adalah istri dan menantu jahat pembenci mertua (suami anak tunggal).

HAL YANG PALING MENYAKITKAN ADALAH SAAT KITA KEHILANGAN KEPERCAYAAN DARI ORANG YANG KITA KASIHI YANG AMANAHNYA KITA JAGA SEGENAP HATI.

Hanya waktu yang dapat membuktikan semuanya, adu domba adalah kejahatan paling halus yang punya akibat sangat besar. TAK PERLU TAKUT SELAMA KITA BENAR.

25 thoughts on “DAHSYATNYA ADU DOMBA

  1. Ia min hal yang sepele di besar-besarin, apa lagi sampai menjelek-jelek kan orang lain, yah mendingan diam dan mungkin bisa mengerti

    Like

  2. iya bener mbk…adu domba mang sangat menyakitkan apa lagi kita di pihak yang benar…membaca cerita diatas jadi terasa sakit hati,teganya orang yang suka mengadu domba..:(

    met jelang siang mbk..met aktifitas kembali.

    Like

  3. wah pngalaman bget ya sis soal adu mngadu domba πŸ˜€ intinxa jgn mdh trprovokator, xixixi

    Salam Semangat.

    Like

  4. adu domba buat saya adalah 1 boomerangnya kehidupan, biarpun bagaimana namanya orang kontra dan prokontra yang memberi dampak kurangnya ide untuk menyingkirkan si domba ini , maka jalan pintas ia mengambil jln adu domba, real maya sama saja, yang jelas masih dalam 1 patokan pribahasa nenek moyang sedia payung sebelum hujan, jadi sbagai orang awam hanya bisa berusaha bersikap baik kepada semua, meskipun sudah berusaha tetapi masih saja diadu domba, ya kita hanya bisa pasrah, dengan dasar sepandai-pandainya orang menimpan bangkai pasti tercium baunya πŸ˜€ nyambung gak ya πŸ˜€

    Like

  5. adu domba emang suatu kegiatan dimana seseorang mengadukan 2 domba, memang hal itu sangat seru, apalagi yang di adunya domba garut (wkwk gak nyambung ya?).

    ya adu domba memang cara paling jitu untuk memecahkan tali silaturahim orang. Menyikapisasinya yaitu dengan cara anda harus sangat percaya diri bahwa anda bukanlah domba, jadi kalau ada yang mau mengadu dombakan anda, anda tak perlu takut. Karena anda yakin kalau anda bukan domba. Wkwk segitu saja penjelasan antisipasisasi yang konduktif tentang adu domba dari saya. πŸ˜›

    Like

  6. Adu domba adlh penyakit qolbu yg sgt kronis, dimana hati dan lidahnya sama" bercabang, dan memutar balikkan kebenaran menjadi bencana diantara dua pihak yg dihasut..naudhubilah himindhalik….smoga hati kita terjaga dari adu domba dan diadu dombakan.
    Smoga yg pertama dan terakhir ya mba'….selamanya smoga tak menimpa lagi.

    Like

  7. betul mbak…adu domba memanf bahaya..contoh = dulu bangsa kita mudah di kalahkan karena di adu domba sama belanda terus

    Like

  8. Aku tidak pernah mengerti, di mana rasa senangnya saat mengadu domba dua orang atau lebih, kalau ketahuan bukankah kredibilitas pelakunya akan jatuh di mata 2 orang yang jadi korbannya….

    Like

  9. Adu domba ya kurang kerjaan bgt sih ngapain domba di adu xixi . . Adu domba itu penyakit hati yang susah di basmi karena muncul dari sifat iri dan dengki yg mendalam

    Like

  10. Hadir berkunjung sobat..cuman pengen ngucapin

    SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA (1434 H 2013)

    ╔══╦═╦═╦══╦═╦═╦╦╦╗
    β•‘β•‘β•‘β•‘β•‘β•‘β•‘β• β•—β•”β•£β•‘β•‘β•‘β•‘β•‘β•‘β•‘
    ║║║║╦║║║║║║╦║╔╬╬╬╣
    β•šβ•©β•©β•©β•©β•©β•©β•β•šβ•β•šβ•©β•©β•β•šβ•©β•©β•

    Like

  11. apa untungnya mengadu domba orang, biarlah mereka melakukan itu, dan janganlah kita ikut ikutan. Apabila kita yang menjadi korban, bersabarlah, itu ujian dari tuhan.

    Like

  12. Kayaknya klo diadu domba trus kitanya terpengaruh,atau minim marah,maka si pengadu domba akan tepuk kaki kegirangan..
    Tapi susah ya klo mau cuekin kadang..
    padahal klo gak kita gubris,dianya yg kebakaran jenggot loh..

    Like

  13. Assalamualaikum wr wb.

    Alhamdulillah kalo masalahku masih bisa ngasih manfaat, yaitu memberi inspirasi tuk tulisan ini.

    Makasih ilmunya tentang adu domba. Juga untuk dukungan & kepercayaanmu padaku.

    Like

  14. Fitnah yang berkepanjangan membuat suasana yang asalnya guyup rukun menjadi layaknya perang dukun.:D

    Alhamdulillahirobil Alamin s/d Walauddhollin Aminn untuk Simbah Mursinahnya juga

    Like

  15. Yg sabar mba ibu mrtuanya skrg udh kmbali lg kprayaanya kpd mba. Skrg mba doain trus aja krna lwat doa mba bs brkomunikasi lg dgn mertua mba. Skrg aq jg sdang ada yg mngadu domba. Emg sakit rasanya;(

    Like

  16. Skrg aq baru sadar Kadang yg kt lhat putih brsih trnyata srigala brbulu domba. Yg kcil tak kasat mata jstru jd duri dlm daging. Yg kt anggap brbau trnyata sgt busuk d dlmnya. Dmna org yg slu aq tolong memper 1kan mreka yg dlu sdang brselisih faham jstru brbalik sling mnyerangku. Smua nasihat yg aq brikan jstru d tambah2in d jdkan snjata untuk mnindasku. Mreka adlah ttgaku yg ku anggap baik dlu ku anggap bs jd panutan yg baik bwt aq. Dialah MUNAFIK namanya.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s