SINGKONG GORENG GURIH RENYAH EMPUK

Sebenarnya resep ini dari sahabat saya, pas bertandang ke rumahnya disuguhi singkong goreng dengan cocolan sambal. Rasa singkongnya empuk tapi renyah. Tak seperti biasanya saya goreng singkong sendiri, agak keras dan kalau dingin sudah seperti batu saja (kata orang Banjar “kada hapuk/kada mamak”).

Ternyata rahasianya adalah dengan merebus dahulu singkongnya, baru kemudian digoreng. Nah, karena cuaca di awal November sudah mulai banyak hujan dan dingin, kadang perut suka lapar sebelum jam makan tiba. Dari pada terus dijejali mi instan berkuah panas, gak ada salahnya resep SINGKONG GORENG GURIH RENYAH EMPUK ini dicoba.

Bahan:
1 kg singkong.
Minyak goreng.

Bumbu:
2 sendok garam.
3 siung bawang putih.
Tambahkan merica dan sedikit kunyit bila suka.

Semua bumbu dihaluskan dan masukkan dalam panci yang telah diisi sedikit air dan singkong yang telah dikupas, dibersihkan dan dipotong-potong.

Rebus kira-kira 10-15 menit sampai mendidih dan singkong pecah/belah bagian tengahnya. Angkat, tiriskan, lalu goreng dalam minyak panas sampai berwarna cokelat keemasan.

Taraaa. . . .

singkonggoreng-jpg.jpgIni dia SINGKONG GORENG GURIH RENYAH EMPUK siap dinikmati di suasana dingin di awal musim hujan seperti ini bersama segelas teh manis hangat atau secangkir kopi.

Selamat mencoba! ^_^v


Buat sohibku Iis Aisyah thanks banget resepnya.

30 thoughts on “SINGKONG GORENG GURIH RENYAH EMPUK

  1. ini makanan khas sunda bun, bener tuh bun,biar kriuk kriuk, rendam dulu pake air kaldu,terus direbus,terus goreng.

    Tapi ada juga yang digoreng dulu bun,gk smpe mateng,terus direndam sama air,udah gt di goreng.

    Btw singkong satu kilo dsna brapa ? Kalau di sukabumi 1 kg 2rb.
    He

    Like

  2. paling mantap beuleum sampeu tengah peting plus kopi hideung.
    (si engkong bakar plus kopi htam tengah malam)

    Like

  3. paling mantap beuleum sampeu tengah peting plus kopi hideung.
    (si engkong bakar plus kopi htam tengah malam)

    Like

  4. Telat ne bun, dah habis ma ram pastinya, tnggl piring doang, padahal aku dah bawa kopi.
    Sama sis erna, di tempat ku juga yg udh direbus dikasi bumbu trz digoreng renyah namanya tela".

    Like

  5. Telat ne bun, dah habis ma ram pastinya, tnggl piring doang, padahal aku dah bawa kopi.
    Sama sis erna, di tempat ku juga yg udh direbus dikasi bumbu trz digoreng renyah namanya tela".

    Like

  6. kamu tidak sepantasnya komentar seperti itu di postnya Bathik Madrim si-provokator MWB. Harap diperhatikan lagi sebelum komentar, terima kasih

    Like

  7. Lho…? Lho… Ada BLUSUKAN juga rupanya di sini.

    Singkong goreng malah jadi penghasud menyalurkan inspirasi sebagai seorang manusia.

    Tu Reyhanz malah menghasut atau menjadi provokator MWB rupanya. Yang jadi Provokator aku atau dia sih sebenarnya.

    @Macan
    Iya nih' kok malah begitu

    @mbak ayu..?
    Yang sbar saja, semoga singkong gorengnya laris manis untuk keluarga tercinta.

    Like

  8. bagus ni info,haha gurih dan manstab..jadi lapar ni..kalau resep q yg goreng sendiri..biar empuk gak perlu di godog.
    cara gorengnya di tutup sob..hehe

    Like

  9. Kunjungan pertama neh sob,
    makaseh atas resepnya, entar dicoba pas lg trun hujan :D,
    ditunggu juga follbeck ya neh,

    Like

  10. Kunjungan pertama neh sob,
    makaseh atas resepnya, entar dicoba pas lg trun hujan :D,
    ditunggu juga follbeck ya neh,

    Like

  11. Resep ini di jawa udah lama ada mastah. Kok baru tahu ya. Wah masih hangat sambil minum kopi. Uenak tenan. Mantapp. Makanan kesukaanku.

    Like

  12. assalamu'alaikum … Salam silaturahmi, ,

    kayak nya bisa dicoba resep.nya. . …
    ma'af sob,,. Kalau berkenan, folback yach 😀

    Like

  13. "Jadi kalau kebetulan kalian baca status facebooker 4L4Y lagi perang status persis postingan user MWB yang aku baca barusan, pesenku mendingan gak usah komen, apalagi sok- sokan nasehatin kayak diriku tadi. Kalau cuma disuruh remove doang sich masih mending, lha kalau sampai digebukin rame-rame sama koalisi si 4L4y tadi apa gak malah kamu sendiri yang repot??"

    Aku Dan 4L4y Pagi Ini Diposting oleh John Kampret pada 11:20, 03-Nov-13 Di: Cerita Asal-Asalan

    Momentnya sama persis, selisih 1 hari doang. Haha

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s