LAWAKAN POCONG

pocong-3.jpg

Tergelitik oleh maraknya tontonan berbau pocong, baik pocong perawan maupun yang bukan, mau yang ngesot ataupun yang ngangkang. Maka tulisan ini hadir ke tengah-tengah anda.

Kemarin malam, pas jam ngumpul sekeluarga kita isi dengan nonton TV. Acara yang kita lihat bergenre komedi alias lawak. Cuma ada hal yang agak membuat saya ‘ngeh’ dan merenung. Benda yang dijadikan bahan lawakan adalah pocong-pocongan. Bergantian pocong-pocongan itu dilempar-lempar dari satu pemain ke pemain yang lainnya. Membuat hati saya bertanya.

Tahukah kalian sebenarnya apa pocong itu?

POCONG bukan hantu atau arwah gentayangan. Pocong adalah tubuh manusia yang telah ditinggalkan rohnya. Sebuah jasad yang tiada berdaya dan tak punya apa-apa kecuali amal yang dibawanya. Dibalut putih berlapis kain kafan yang menjadi penanda bahwa kita telah meninggalkan segala bentuk kemapanan, kemewahan dan keindahan dunia yang selama ini kita puja, kita kejar dan dijadikan berhala; seakan layak menjadi sesembahan selain Tuhan.

Saat jari jemari kekuatan maut hendak mengambil atma seorang anak manusia, terasa seluruh belulangnya dilolosi dari dagingnya. Seakan persendirian patah ke arah yang berlawanan, seumpama kulit luar yang dikelupas dari otot dan daging. Tercerabut paksa dari tempat asalnya, perih dan ngeri tiada terkira.

Batang tubuh yang katanya cantik rupawan dan tampan menawan ini hanyalah seonggok daging dan tulang ketika nyawa telah meninggalkan tempatnya. Untuk sekedar membersihkan diri saja kita harus dimandikan, dan saat itulah status manusia sebagai mayat disahkan.

Seandai saja manusia tahu seperti apa dahsyatnya kabar kematian atas dirinya. Niscaya ia tak akan berani tertawa terbahak-bahak sampai airmata bercucuran karena lucu dan geli luar biasa yang tak tertahankan. Karena kematianlah yang menjadikan seorang wanita menjadi janda. Seorang anak menjadi yatim, dan terpisahnya dua hati sepasang kekasih yang saling mencintai.

Kematian akan merenggut segala harta dan kemewahan tanpa ia harus mencurinya. Menculik setiap manusia dan kemudian menyekapnya dalam ruang bawah tanah yang luasnya tak lebih dari dua meter, dan tak akan melepaskannya lagi. . .

Pocong yang putih dan telah diikat itu diantarkan jerit tangis sanak keluarga dan handai taulan yang ditinggalkan, memutuskan segala macam urusan dengan kehidupan. Dan saat jasad hampa itu diturunkan ke liang lahat dengan wajah menghadap kiblat dan gema takbir mengiringi elegi kepulangan, seakan sebuah kidung tragedi menyayat hati. Membanjiri sungai airmata, mengakhiri segala cerita tanda tutupnya risalah dunianya.

Kullu nafsin jai’kaatil maut. . .

Setiap yang bernyawa pasti mati. . .

Ya Allah. . . Matikan kami dalam husnul khatimah.


Gambar di ambil di sini

30 thoughts on “LAWAKAN POCONG

  1. renungan yang tek pernah saya pikirkan sebelumnya

    sepertinya blog acil agak berubah dikit, artikel di navigasi di bawa pocong kah cil? hee

    Like

  2. renungan yang tek pernah saya pikirkan sebelumnya

    sepertinya blog acil agak berubah dikit, artikel di navigasi di bawa pocong kah cil? hee

    Like

  3. @rammseiza,

    loh loh? Bukanx malah insaf harusx bc ini, kok malah tdur lg.
    Ngapain juga takut pocong, toh ntar kt smua jd pocong/mayat/mati. Kalo takut, smoga kt smua bs perbyk amal dan ibadah buat bekal mati.

    Like

  4. @Shaufiy Kahayan,

    rencanax mau di ganti dgn judul artikel yg agak baru, tp males nulisx. Jd biarlah navigasix apa adax.

    Like

  5. Assalamualaikum wr wb.

    Pocong ngangkang gimana tu, jln aza lompat2.

    Mereka tdk sadar bahwa menjadi pocong(mayat) tak seringan & selucu yang mereka tertawakan.

    Like

  6. Sangat ironis ya bunda, bahkan pocong juga dijadikan bahan lawakan dan film dengan tujuan komersil.

    santun pagiku bunda

    Like

  7. Hehee..saya tau tuh acara Tv apa..saya jg liat..tp bner jg c, kenapa d gituin. Jd merenung krn maen p0cong"an.

    Like

  8. Absen malam ma,af lama g brkunjung cz.a ada sesuatu :mrgreen:

    Ijin meramaikan dlu ya, cz.a msih mau k blog tetangga 😀

    Kunbal ya
    Ada post baru ni
    Trik internet Gratis xl combo via All apps handler dan BH,Kartu Axis, dan indosat angkat anak gajah awal november 2013 | Kumpulan Apps keren dan Game HD android

    Like

  9. allohu akbar.
    Renungan yang membuat hati ini bergetar dan air mata mengalir. .
    . . Andai saja alloh tidak menciptakan SIFAT LUPA TERHADAP KEMATIAN niscaya semua orang takan pernah tertawa sedikitpu, dunia ini akan sangat sepi..
    .
    Kita semua akan mati, . . Tapi admin duluan aja

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s