Cara Membuat Gelembung Sabun yang Banyak dan Tahan Lama

Sebenarnya bingung mau posting apaan, gara-gara pakai paket internet yang lebih hemat dari biasanya, alhasil koneksi kadang mau kadang tidak. Makanya belum sempat bertandang ke te tempat sobat-sobat MWB sekalian.

Nah, sudah pada tahu kan gelembung sabun?

gelembung-sabun-jpg.jpg

Pasti waktu kecil suka banget main ini di lapangan sambil lari-lari. Walau sekarang di jaman serba canggih ini sudah banyak dijual cairan pembuat gelembung instan, lengkap dengan alat peniup otomatis dengan baterai, tak ada salahnya kita ingat-ingat lagi masa kecil dahulu dengan membuat gelembung sabun sendiri. Gak kalah, bisa banyak juga pas ditiup.

Bahan utamanya tentu saja sabun deterjen.

Dan untuk membuat gelembungnya banyak dan tidak mudah pecah kita bisa menambahkan pucuk daun kapuk, daun kembang sepatu atau daun kangkung (pilih salah satu).

Cukup diremas-remas dengan air sampai keluar warna dan pati daunnya menjadi licin seperti berlendir. Lalu disaring dan campur dengan deterjen secukupnya.

Untuk hasil terbaik adalah dengan pucuk kapuk randu, tapi karena susah didapat maka saya menggunakan daun kangkung saja pas main kemarin sore dengan anak-anak.

Sedangkan peniupnya saya menggunakan lidi yang ujungnya dilengkungkan membentuk lingkaran dan pangkalnya dijadikan pegangan. Kalau angin agak kencang, setelah dicelupkan tinggal diarahkan saja, maka bentuknya memanjang seperti terowongan kaca sampai kemudian jadi balon yang besar seukuran kepala.

Semilir sejuk angin sore dihiasi gelembung sabun, membuat anak-anak tertawa gembira.

Boleh dicoba, lumayan, obat stress.


Gambar dari:
penarevolusi.wordpress.com

32 thoughts on “Cara Membuat Gelembung Sabun yang Banyak dan Tahan Lama

Leave a comment