KETIKA PENYAKIT MAAG SEMAKIN PARAH

Ketika Penyakit Maag Semakin Parah

Siapa yang tidak kenal dengan penyakit maag? Penyakit yang nampaknya biasa dan sepele (atau disepelekan), yang hadir lantaran masalah pencernaan, asupan makanan dan peningkatan kadar asam pada lambung.

Tapi siapa sangka jika sakit maag bisa berbuntut panjang dan tambah parah? Yang lebih gawat lagi bisa mengundang penyakit yang lainnya datang. Loh, kok bisa?

Nah, karena itulah saya akan berbagi sedikit pengalaman tentang penyakit maag akut yang pernah saya derita.

Setelah kelahiran anak ke dua, saya merasakan perubahan yang signifikan dalam kehidupan sehari-hari. Tambah repot itu pasti, karena disamping harus mengurus bayi, saya juga masih harus mengurus anak pertama saya yang kala itu masih TK. Antar jemput setiap hari, kerepotan pagi dan kelelahan membuat saya tak sempat sarapan dan makan tak teratur. Buntutnya selama dua tahun saya sering mual, pusing dan muntah. Mengkonsumsi obat maag jadi pilihan saya.

Sampai suatu hari saya muntah terus setiap kali makan atau minum sesuatu. Disangka hamil lagi, tapi setelah dicek negatif. Saya sudah berobat tapi tak kunjung membaik. Sampai disarankan opname saja karena hampir seminggu tak dapat makan apapun. Walah. . . Bagaimana dengan anak-anak? Siapa yang mengurusnya?

Lalu suami mencoba membawa saya ke tukang urut yang terkenal bisa menangani masalah gangguan pada perut (karena saat itu obat-obatan sudah tak mempan lagi). Ternyata maag saya benar-benar parah bukan buatan, bagian ulu hati saya kembung dan mengeras. Kala itu nyeri dan sakit sekali.

Oleh beliau saya disarankan mengkonsumsi bawang putih dan kencur setiap pagi sebelum makan apa-apa selama 3 hari berturut-turut. Dan alhamdulilah, kondisi saya membaik, dan mulai bisa makan tanpa muntah lagi.

Saya sempat kehilangan berat badan 6 kg dan wajah pucat, tubuh super lemas. Ternyata, itu belum berakhir, mendadak mata saya menjadi kuning/jaundice. Saya periksa lagi, ternyata saya mengidap gejala hepatitis. Duh. . . Rasanya tak percaya saya bisa kena radang hati yang bila tak ditangani dengan segera dan benar bisa menjadi sirosis sampai kanker hati.

Rupanya karena sering mengkonsumsi obat karena sakit maag menahun, barangkali hati saya mengalami kerusakan. Saya nyaris putus asa dan benar-benar tertekan. Saya malas jika harus ke RS lagi karena sudah sering ke sana saat operasi tumor di tahun 2009 (nanti jika ada kesempatan saya akan sharing).

Penyakit itu menebus dosa-dosa kecil yang pernah dilakukan.

Membuat saya tersadar dari kealpaan yang membuat terlena selama ini. Muncul tekad dalam diri saya untuk sembuh walau tanpa obat, karena mengkonsumsi obat-obatan hanya akan memperparah kerusakan hati saya.

Namanya ibu rumah tangga, walau sakit (saya sempat meriang, pusing, mudah lelah dan nafas ngos-ngosan) saya paksakan tetap beraktifitas seperti biasa, meski tak semua pekerjaan rumah terselesaikan dan amat sangat berantakan. Sampai kemudian di pasar saat saya hendak beli buah-buahan ada yang menyarankan untuk meminum air perasan temu lawak. Katanya bagus untuk lever dan menguatkan organ hati.

Sekali lagi alhamdulilah, Allah yang Maha Menyembuhkan, lewat ramuan temu lawak itu berangsur-angsur mata saya tidak kuning lagi, nafsu makan membaik, tubuh segar dan tak lemas lagi. Sekarang saya bisa sehat dan normal kembali menjalankan aktifitas harian sebagai istri sekaligus ibu.

Sekedar saran buat para pembaca setia blog saya. Penyakit bukan akhir segalanya. Terima apapun keadaannya dan tetap yakin, tak menyerah untuk mencari solusi penyembuhan. Bagusnya lagi, penyakit itu mengurangi dosa dan jadi ladang pahala jika kita tabah dan sabar bersamanya dalam mencari kesembuhan.

bawangputih1.jpg

Bawang putih bagus untuk penyakit maag dan mengatasi gangguan lambung seperti mual dan muntah atau kembung. Caranya bisa dikonsumsi langsung atau diparut bersama satu ruas jari kencur, diberi sedikit air, diperas dan diminum air perasannya. Minum setiap pagi sebelum makan apapun atau bisa kapan saja saat gangguan lambung menyerang.

temulawaklengkap.jpg

Temulawak, tumbuhan rimpang yang mirip dengan kunyit ini tidak hanya menambah nafsu makan. Kandungan zat kurkuminnya terbukti ampuh mengatasi peradangan dan memperbaiki fungsi organ hati, juga menambah vitalitas, imunitas dan kebugaran tubuh supaya tak mudah lelah dan tak gampang sakit. Caranya parut temulawak beri air matang kira-kira setengah gelas, peras dan minum rutin setiap hari 1-2 kali sehari, boleh ditambah madu atau gula merah.


Gambar bawang putih dari:
pharmabright.wordpress.com
Gambar temulawak dari:
sehatituanugerah7.blogspot.com

Advertisements

30 thoughts on “KETIKA PENYAKIT MAAG SEMAKIN PARAH

  1. Kunjungan pagi sobat.. :mrgreen:

    mantap postnya sob..

    Oeaa, kalo sobat berkenan, mampir juga yaa ke gubuk ane..

    Dan jgn lupa follback yaa.. 🙂

    Like

  2. wah, oke juga, kbtulan aku lg kna pnyakit mag, sering mau muntah sehabis makan sahur, makasih ya infonya. Smoga bermanfaat utk kt semua. Amin.

    Like

  3. Aku juga punya nasib yang sama ni,udah 1 thn q punya sakit di perut sblah kiri,kepala pusing,bdan lemes,sungguh susah buat diajak kerja.
    Minum obat dokter,yang itu2 aja,hmm..
    Aku skrg lagi coba minum ramuan kunyit,baru jalan 2 hari,semoga sembuh yaa ammiin..
    Dan kita semua slalu dberi Kesehatan oleh Allah SWT. Ammiinn..

    Like

  4. @Andita_Jamastu,

    carax: satu/dua butir bwg putih dan satu cm kencur diparut lalu diberi air kira2 seperempat gelas, aduk2 lalu diperas, airx diminum pagi2 sblm mkn apapun atau bs juga kapan sj ketika dirasa perlu atau saat maag dan mualx kambuh.

    Smoga penjelasan ini ada manfaatx, cpt sembuh.

    Like

  5. Bagi info dunk"saya mengalami sakit spt yg d ats, sdh 4 thn smpai skrg, sy mrsakan bdn bdn sy g prnh fit sakit pun tak prnh reda, g lngkap bdn rsanya,dlu sblmnya kntrol k dkter ktnya maag kronis luka lambung,,tp mata saya agak kuning bdn krus pucat,,prkiraan sy sy kn sakit liver/kuning tp dkter mmbntahnya,,sbenar skit ap sih sya ini" mhon bgt jwbnnya.

    Like

  6. @Indra,

    wah, maaf sblmx. Kalau sy tdk bs memastikan atau mendiagnosa penyakit org. Tp untuk gejala mata kuning, mkn temu lawak mungkin bs membntu kalau itu jika memang penyakit liver. Untuk lbh jelasx anda bs menghubungi dokter lg, dan alangkah baikx agar tdk trfokus pd satu dokter sj untuk mendgr second opinion.

    Stlh bs dipastikn maka dokter dpt menentukan pengobatan yg tepat.
    Smoga cpt sembuh.
    Maaf jika penjelasan sy tdk membntu.

    Like

  7. saya jg menderita maag sdh hampir tiga tahun.bahkan sempat hepatitis juga krn konsumsi obat tiap hari bertahun-tahun.jika ada yg mau sharing berbagi tips sembuh dari maag bisa von saya di nomer 087727385093.saya ingin sembuh total.skrg masih sering kambuh

    Like

  8. Sy beberapa bulan ini skt maag,anehx sktx sebelah kanan ulu hati terasa kembung dan sendawa.dokter yg pernah sy datangin asam lambung naik.mb apakah minum kencur sm bwng pth berapa lama?

    Like

  9. @rina,

    saya mengkonsumsinya 3 hari berturut2 saat maag kambuh parah. Tapi setelah membaik kadang2 aja ketika kambuh sedikit dan agak mual karena salah makan.

    Like

  10. @rina,

    udah sembuh, tapi tetap harus jaga pola makan dan teratur waktunya. Yang terpenting jangan stres dan kelelahan. Kadang juga tetap makan bawang putih saat perut gak enak. Alhamdulilah sudah 2 tahunan ini gak pernah kambuh sampai parah seperti itu lagi.

    Like

  11. salam

    tahun 2013 saya endoskopi. keluhan nyeri ulu hati & sesak napas, panas dingin. hasilnya memang ada maag. gastirtis korpus antral sedang. dikasih obat premium 8 minggu. tapi saya hanya ambil minimalnya. 4 minggu. memang ada perbaikan. tak sakit seperti diatas. tapi, setelah saya baca2 beberapa blog, pengobatan itu belum tuntas. masih ada potensi kambuh bila tak jaga makan, kurang olahraga dan terlalu stres.

    merasa sudah sehat. beberapa makanan dipantang dimakan. alhasil beberapa kali kontrol ke dokter. dengan obat yg hampir2 sama.

    berniat sembuh, makanan yg dilarang dihapus dalam nenu. kadang bosan sih, tapi kudu sabar.
    sembuh? belum.kambuh yg seperti perut melilit, uluhati sakit sih jarang. yg sering kambuh hampir tanpa putus dua tahun terakhir adalah badan tak fit, gampang lelah, jantung berdebar, badan dingin, mual dan cemas. pikiran pun jadi tak fokus dan berpikir yg tidak2.

    mungkin karena terlalu memikirkan semua yg bukan jatahnya bisa memperparah maag. dan saya masih mencoba ini itu cara mengolah fikiran ini. karena saya sudah malu curhat ke teman-saudara. karena yg dicurhatin itu lagi itulagi hahaha.

    curhatlah sama Allah. disepertiga malam terakhir, yg saya sendiri masih mood2an, yg doa disaat itu seperti anak panah yg presisi mengenai target.

    ayo para maager. jangan putus asa. tetap husnudzon sama Allah akan memberi kesembuhan. toh sakit pun, benar kata mba rus, bisa menghanguskan dosa2. jadi ikhtiarnya sembuh, sabar dan sakitnya semua berpahala insya Allah aamiin

    saya sendiri sudah mencoba berbagai resep. madu pahit, air alkali, jeruk lemon/nipis, kunyit, temulawak, binahong. dan saya mesti extra sabar karena belum diberi kesembuhan.

    kemarin baru ketemu dokter. menyarankan makanlah lebih sering dalam porsi kecil. ibaratnya tiga porsi besar makan kita dibagi 5-6. jadi asupan makanan tetap hanya cara makannya yg beda.

    analoginya begini. lambung ini ibarat balon yg sedang baret2. kalau diisi terlalu banyak maka akan mengembang kelewat besar. tentu akan menarik sibaret jadi tambah lebar. yg artinya lukanya sering ketarik. kapan sembuhnya coba

    begitu juga kalau perut kosong. si asam lambung akan mengairi luka. iritasilah terus2an. kapan sembuhnya tuh radang? maka disarankan makanlah dalam porsi kecil 3 jam sekali.

    dan ikutilah pantangannya. jangan dilanggar. cabe. bayangin koreng yg disiram cabe. sakit bukan?
    atau makanan yg mengandung gas yg bisa membuat volume lambung mengembang yg otomatis menariki si radang lambung itu.

    intinya
    1. jaga makan
    2. olahraga
    3. berobat rutin dan disiplin. boleh herbal boleh dokter
    4. kelola pikiran(nah ini yg saya anggap paling susah hahaha. tp susah bukan berarti tidak bisa kaaan. belum nemu jalannya saja. yah seperti pengalaman spiritual pribadi lah hehehe)
    5. sabar dan berserah diri padaNya

    terakhir, mari kita coba bareng2

    salam

    Like

  12. @teguh,

    Wah, terima kasih atas kunjungan dan pengalamannya yang tak sungkan diceritakan di sini.

    Ya, semoga kita semua dapat mengatasi rasa sakit dan masalah masalah kehidupan ini.
    Terimakasih juga tipsnya. Super sekali.

    Like

  13. bunda maaf mau tanya, tukang urut khusus buat perut? emang ada ya? kalo ada itu di daerah mana ya? bagi informasinya dong

    Like

  14. oh iya bunda, aku udah sebulan merasa dada kiri tidak enak, sendawa terus menerus, keluar cairan putih bening kadang dari mulut yang rasanya pahitnya minta ampun, trus suka pegal di daerah punggung sebelah kiri dan dada juga rasanya ga enak. awalnya gara2 aku ga sarapan tapi dari jam 7 sampaii jam 2 siang aku udah ngopi 5 gelas .. apa itu lambung ya bun? oh iya semoga bunda dan keluarga juga selalu diberi kesehatan ya agar bisa membantu kita2 yang masi sakit, terimakasih bunda

    Like

  15. @kharisma p aditya,

    Wah, byk bgt kamu ngopi nya. Kalo bs dikurangi deh, kopi memang kurang nyaman bagi lambung, apalg kalo kebanyakan.

    Kalo soal keluhan kamu, saya maaf bgt gak bs memastikan itu sakit apa, saya bukan ahli penyakit ataupun dokter. Kalo bisa, kamu langsung periksa aja ke dokter atau ke unit pelayanan kesehatan terdekat, biar bisa segera ditangani dgn tepat dan cepat.

    Kalo di daerah saya di Banjarmasin, memang masih ada dan percaya dengan tukang urut untuk berbagai keluhan fisik. Seperti pegal, dan perut juga khusus itu tukang pijatx yg berpengalaman.

    Terimakasih atas kehadirannya di blog saya dan atas doax, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan oleh Yang Maha Kuasa.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s