IWAK HARUAN BAPANGAT

iwak-haruan-bapangat1.jpg

Lama banget gak posting masakan. Aslinya emang malas masak, yang enak mah makan yang udah masak, iya ndak?

Tapi karena suami hobi memancing, dan kemarin dapat beberapa ekor ikan haruan (gabus), maka kali ini berangkatlah ke dapur.

Sebelumnya sempat saya upload fotonya ke FB karena lagi males ngepost di blog. Eh, ada teman yang mau resepnya, ya udah tulis di blog saja (emak-emak kebanyakan males, pengen cuti jadi ibu, he. . .).iwakharuanbapangat2.jpg

Ini dia, RESEP IWAK HARUAN BAPANGAT:

BAHAN:

1/2 kg iwak haruan (ikan gabus), siangi, potong-potong dan bersihkan.

BUMBU:

5 siung bawang merah.
1 siung bawang putih.
1 butir cabe rawit (kalau suka pedas boleh ditambah).
7 butir kemiri.
1 ruas jari kunyit.
1 ruas jari laos/lengkuas.
3 cm serai.
Sedikit terasi dan asam jawa.
Garam secukupnya.

PELENGKAP:

Bawang goreng.
Cabe merah dan hijau besar, tomat dan belimbing wuluh, diiris.

CARA:

Haluskan semua bumbu, balurkan pada ikan sampai merata dan diamkan sebentar agar bumbu meresap.

Panaskan kira-kira 4 sendok makan minyak goreng, masukkan ikan, aduk sesekali, masak di atas api sedang.

Lalu tambahkan sedikit air, sambil diaduk perlahan saja, hati-hati ikannya hancur. Masukkan irisan cabe, tomat dan belimbing, setelah air menyusut cicipi rasa. Boleh tambahkan penyedap.

Angkat, sajikan dengan taburan bawang goreng.

iwak-haruan-bapangat3.jpg

IWAK HARUAN BAPANGAT dengan rasa gurih dan empuk siap dihidangkan.

Nah, selamat menikmati.

16 thoughts on “IWAK HARUAN BAPANGAT

  1. Waaaa,,,dah di post…
    banyak juga ya kemintingnya,,,btw tu keminting di sangrai dulu ga,,,kalau di kurangi boleh lah yu,soalnya kurang suka rasa langu keminting,,
    aku pikir,tadinya pas ngeliat pic di fb pake santan,ternyata kada,,,

    Like

  2. @Bunda-Prabowo blogsport.com,

    kamintingx kada q sangrai, tp mun disangrai lbh harum.
    Bisa aja, kalo kd suka kaminting bs didikiti. Bs jua pake santan kalo kd byk kamintingx, rasax bs lbh gurih.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s