FROM ZERO TO HERO (REVIEW DRAMA MISS KOREA)

ORANG YANG SADAR KEMANA ARAH DUNIA BERJALAN, TAK AKAN MENYERAH KETIKA DIHAMPIRI KEGAGALAN.

Itulah kata-kata yang muncul di otak saya ketika menonton drama Miss Korea ini. Yang dari covernya saya kira hanya akan membeberkan keglamoran, hedonisme dan pesona fisik semata. Ternyata saya salah.

miss-korea-poster5.jpg

Berlatar tahun 1997 saat dunia diguncang krisis moneter dan gejolak IMF, tak terkecuali di Korea Selatan yang membuat banyak perusahaan bangkrut dan PHK dimana-mana.

Adalah Oh Ji Young seorang gadis cantik nan baik hati yang menjadi karyawan di sebuah mall sebagai gadis lift yang harus berjuang mati-matian untuk menghidupi dirinya dibawah tekanan manajer mall yang otoriter, cabul dan tak berperikemanusiaan.

Sampai kemudian ia mendapat tawaran untuk mengikuti ajang pemilihan Miss Korea oleh teman SMA nya dulu yang sekarang memiliki perusahaan kosmetik Vivi yang terancam bangkrut. Kim Hyeong Joon bertujuan memenangkan Miss Korea agar bisa menyelamatkan perusahaannya dan pemenangnya akan menjadi agen promosi produk BB Cream yang akan segera dirilisnya.

Namun jalan terjal harus dilalui Kim Hyeong Joon dan Oh Ji Young. Halangan dari rival abadi perusahaan Vivi, Bada cosmetic selalu berusaha menggagalkan usaha Hyeong Joon. Juga Yoon, investor untuk pembuatan BB Cream yang justru menusuk dari belakang karena tak suka dengan kedekatan Hyeong Joon dan Ji Young.

Sementara itu, seorang penagih utang terus dicecar bosnya agar segera menagih uang dari Joon. Karena tak terlaksana, si penagih dan Joon yang jadi akrab karena terjebak situasi sulit menuju ajang Miss Korea malah beberapa kali dipukuli oleh bos si penagih.

Akhirnya tepat di malam penobatan Ji Young yang menang sebagai Miss Korea, perusahaan Vivi tamat, mesin-mesin pabrik disita oleh rentenir, Joon, si penagih dan ke 3 temannya babak belur. Parahnya lagi sampel BB Cream terpaksa berpindah tangan ke Bada Cosmetic dan Ji Young yang jadi model iklannya. Sungguh kegagalan yang mengenaskan.

ยค ยค ยค

Itulah sepenggal fragmen kehidupan, di mana orang-orang memakai segala cara untuk bertahan ditengah guncangan resesi ekonomi. Kegagalan hanyalah salah satu faktor untuk kesuksesan yang lain (atau mungkin kesuksesan orang lain).

Setelah usaha keras dan doa tanpa henti, hidup juga perlu sentuhan keberuntungan, dan bagi sebagian orang keberuntungan tidak datang dengan mudah. Ia ada dari bagaimana manusia bisa melihat sekecil apapun celah kesempatan dan sedikit kemungkinan, juga banyak keberanian untuk melakukannya, terus mencoba lagi lagi dan lagi.

Seperti halnya mencintai, jua butuh keberanian tak terhingga sampai mampu membangunnya. Dan drama ini menunjukkan itu semua, membuat saya banjir air mata saat kegagalan yang paling pahit sekalipun bisa menjadi penawar yang mujarab tatkala diekstraksi dengan unsur cinta (seperti cintanya preman si penagih utang pada Doctor ahli kosmetik bergelar Ph. D).

Karena memang seperti itulah cara-cara dunia berjalan dan orang-orang dapat bertahan. Ketika di satu titik orang-orang begitu terlena pada kecantikan dan kesempurnaan tampilan fisik, tapi toh itu semua akan jadi casing usang tak berharga ketika tanpa sifat-sifat baik dan tak ada perilaku terpuji. Dan akan selalu ada segelintir orang yang dapat mendobrak pakem yang telah ada, mengubah arah pemikiran dan membuat perubahan.

Setiap manusia adalah orang yang selalu ingin jadi seseorang. From zero to hero, merangkak dari bawah agar bisa merasakan kenyamanan saat berada di tempat yang lebih tinggi, dan kegagalan hanyalah anak tangga untuk dapat naik lebih tinggi lagi.

Drama ini benar-benar menggugah jiwa saya dan sanggup mengeringkan telaga air mata. Bagaimana di saat tersedih justru kita malah tertawa, dan airmata hadir justru di saat berbahagia. Inilah fakta, dunia memang telah lama sakit jiwa, dan ‘kegilaan’ amat mungkin menjadikan manusia berbuat apa saja. A P A S A J A !!!

Karena sejatinya, HIDUP ADALAH BAGAIMANA CARA KITA BERTAHAN MENGHADAPI KETIDAK ADILAN.



Gambar:
http://www.koreandrama.org

Advertisements

15 thoughts on “FROM ZERO TO HERO (REVIEW DRAMA MISS KOREA)

  1. Arus kehidupan laksana aliran arus air di sungai…
    melewati jalanan berliku, dan tak jarang juga harus melewati bebatuan terjal..
    Namun pada akhirnya sampailah pada muara yg tenang….

    Semua membutuhkan proses..
    semua membutuhkan perjuangan..
    tiada keberhasilan tanpa usaha..

    salam sukses….

    Like

  2. Assalamualaikum wr wb

    Kemarau donk tuh mata.

    Kegagalan, kesakitan juga kesedihan adalah rasa yg membuat kita mengerti makna bahagia.

    Like

  3. Met siang sob, ma,af lama gak hadir soal.a sibuk,udah dlu aku mw k blog tetangga

    Mampir ada new post
    =======================
    Bisnis Online Di bayar PULSA GRATIS
    TERBARU Bukan EXCITE POIN BUKA N
    MCENT (All Operator) bisa via hp ,CARA DAFTAR+KERJA+BUKTI PEMBAYARAN+
    =======================

    Like

  4. Wah, pacar saya si Intan paling senang nih bu dgn korea ๐Ÿ˜€
    Makasih infonya ๐Ÿ™‚
    Maaf udah jarang hadir
    Soalnya saya lagi sakit

    Like

  5. sebuah film yg bagus dan masuk akal bisa kita jadikan wawasan dlm menjalani kehidupan…

    Cuma ya keglamouran di flm tsb bisa dg bijak kita terima,,karena itu hanya perumpamaan..

    Di profile terendah kita bisa melihat banyak penjual dipasar yg berjejer merebut simpati pembeli..yg tentu saja berbagai cara juga dilakukan,,

    Sip jeng,,I like it

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s