EDISI TERLAMBAT MENGENAL KREASI KAIN FLANEL

Setelah kemarin-kemarin sempat dibuat penasaran dan pengen banget sama hasil karyanya Eanreana tentang kain flanel, barang bekas dan segala kreasinya, maka saya pun mulai googling-googling mencari cara pembuatan kerajinan kain flanel.

Ternyata eh ternyata, gak cuma telat demam Korea, saya pun telat mengenal seni kerajinan tangan dan kreasi dari kain flanel ini. Secara, dari sekian banyaknya postingan dan tutorial cara pembuatannya di internet itu rata-rata tertanggal tahun 2011-2012 (kemana ya gue selama ini kok baru nyadar sekarang?? Dan saya lihat di pasar dekat rumah saya juga baru trend setahun terakhir ini, itu pun gak lengkap pernak-pernik kerajinan yang disediakan).

Nah, langsung saja saya gelar di sini, buah karya tangan saya, kreasi amatir dan bentuk-bentuk standar dari kain flanel yang super ajaib dan bisa dibuat apa saja:

cabai-isi-kresek-penggant.jpg
Berhubung saya gak punya dakron ataupun kapas untuk isiannya, maka saya ganti dengan kresek/kantong plastik bekas belanjaan saya di pasar. Lumayan gak perlu beli dakron sekalian memanfaatkan sampah plastik juga, yang penting bisa kencang dan gembung (yah. . .walau ada bonus aroma yang aneh, mungkin ini plastiknya bekas pembungkus terasi kali. Wkwkwkwk. . .)

2-cabai-flanel.jpg
Nah, ini dia cabai isi kresek, gak jelek-jelek amat kan walau isinya bukan dakron?

sekeluarga-kecil-wortel-d.jpg
Ini sekeluarga wortel tutorialnya dapat dari sini.

sampul-binder-dari-flanel.jpg
Ini sampul binder dari kain flanel, yang mana dulu seumur-umur gak pernah beli orgy/diary isi ulang yang lembaran kertasnya bisa diganti-ganti. Sekarang seneng banget udah bisa punya macam anak sekolahan dan bela-belain bikin sampulnya segala (halah, emak-emak masa kecil kurang bahagia dan masa remaja kurang cinta).

gantungan-kunci-sosmed-fl.jpg
Ini gantungan kunci logo facebook dan brand Apple rongkang yang contohnya saya dapat di internet, tapi lupa di mana situsnya.

dompet-bibir-gelas-flane.jpg
Ini dompet dari bibir gelas plastik dan bunga mawar dari kain flanel hasil berguru pada Eanreana (thanks banget udah mau berbagi kreatifitas dan gak pelit ide). Tapi warna kawat pengikat bibir gelasnya gak matching sama kain furing dalaman dompetnya, karena di Gambut gak ada yang jual dan beli yang rol-an di Banjarmasin. Jadi warnanya terpaksa yang itu ituu saja.

tas-orange-buat-mama.jpg
Ini istimewa, karena saya berikan buat mama dan selalu beliau pakai ke kondangan. Cukup sukses membuat mata orang-orang memandang dua kali dan menatap terpana (weww. . .lebay kepedean. Lagi, warna kawatnya itu loh kontras bingitz dan merusak pemandangan!)

Ternyata, seni tak pernah semudah dan seindah kelihatannya. Walau cuma bentuk sederhana dan biasa tapi itu cukup menguras tenaga dan kesabaran juga. Apalagi ketika menjahitnya tiba-tiba terjadi tragedi benang kusut, ckckck. . . Saya juga ingin bisa membuat toples hias, kotak tisu atau pigura unik dengan model-model dan kreasi yang rumit. Hm. . . Kapan yaa??

16 thoughts on “EDISI TERLAMBAT MENGENAL KREASI KAIN FLANEL

  1. Assalamualaikum….

    Dakron lebih bagus diganti dg sisa kain flanel yg dh tak terpakai. Digunting kecil2.

    Teknik menyambung lebih rapi dg di lem kedua sisi drpd dijahit tusuk feston.

    #kn mun unda ba'elang unda tampaikan caranya.

    Like

  2. Keren kak Rus…
    Menurutku warna kawatnya gak kontras kok.
    malah terlihat lebih wow … terlihat banget seninya.

    Tapi yang membuatku ketawa, lombok isi plastik kresek bekas bungkus trasi..wkwkwk

    Like

  3. lanjutkan kreasinya jenk,,
    Dan saya malah sudah pernh produksi juga,,lumayan besar sih,saya pasarkan nambah uang saku anak,,klo saya lbh seneng ambil model dr kebun binantang,,skrng pudar ditelan kondisi mata he he he,,tp klo temen anak ada yg ultah,anak saya bikin sendiri kadonya yg dari kain flanel tsb,,,
    Gampang kok ya ? Cuma mainin tusuk feston..
    Thx share nya

    Like

  4. mau donk buk di ajari membuatnya.
    dari kemaren saya bukak2 internet buat nyarik cara membuat tas dari botol minuman bekas, gak ada dikasih tau langkah2nya. cuman gambar2nya doank yg d unggah.
    buat minder z

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s