ANTARA SAYA, BERAT BADAN DAN MEGHAN TRAINOR (Review Lagu All About that Bass)

Because you know I’m all about that bass Bout that bass, no treble.
4 x

Yeah, it’s pretty clear, I ain’t no size two. But I can shake it, shake it Like I’m supposed to do. Cause I got that boom boom that all the boys chase. And all the right junk in all the right places.

I see the magazine, workin’ that Photoshop. We know that shit ain’t real. C’mon now, make it stop If you got beauty beauty, just raise ’em up. Cause every inch of you is perfect. From the bottom to the top.

Yeah, my mama she told me don’t worry about your size. She says boys like a little more booty to hold at night. You know I won’t be no stick figure silicone Barbie doll. So if that’s what you’re into then go ahead and move along.

Because you know I’m All about that bass Bout that bass, no treble.
4 x

Hey!

I’m bringing booty back, Go ahead and tell them skinny bitches that. No I’m just playing I know you think you’re fat. But I’m here to tell ya, Every inch of you is perfect from the bottom to the top.

_____

Karena kau tahu aku amat suka bas ‘Amat suka bas, bukannya trebel.
4 x

Yeah jelas sekali, ukuranku bukan nomor dua. Tapi bisa kugoyang, bisa kugoyang seperti seharusnya. Karena kumiliki jedam jedum yang dikejar semua cowok. Sampah yang tepat di tempat yang tepat.

Kulihat majalah menggunakan Photoshop (editan.) Kita tahu semua itu bohong belaka. Ayolah, hentikanlah. Jika kau punya kecantikan, munculkanlah. Karena setiap inci dirimu itu sempurna. Dari bawah sampai atas.

Yeah, ibuku, dia bilang jangan pusing dengan ukuranmu. Dia bilang, para cowok lebih suka pantat yang lebih besar untuk didekap di waktu malam. Kau tahu aku takkan bertubuh lurus, boneka Barbie silikon. Jadi, jika itu yang kau kejar, Maka pergilah dan lanjutkanlah.

Kau tahu aku amat suka Bass, bukannya trebel. Amat suka bas bukannya trebel.
4 x

Hey!

Kan kukembalikan …. (?)
Ayo teruskanlah, katakan pada mereka yang kurus itu. Tidak, aku hanya main-main aku tahu kau pikir dirimu gendut. Tapi aku di sini tuk memberitahumu bahwa Setiap inci dirimu itu sempurna dari bawah sampai atas.

Terjemah-Lirik-Lagu-Barat

__

Videonya bisa ditengok DI SINI



Blak-blakan, apa adanya, berani, vulgar dan jauh meloncat dari pakem yang telah ada dan diyakini selama ini.

Itulah kesan saya ketika kali pertama menyaksikan video klip lagu ini di TV. Sukses membuat saya mengobok-obok isi kantong Google dan YouTube, memburu video dan liriknya. Dan sukses yang lebih drastis lagi adalah kemampuan lagu yang bernada ceria dan ngebeat ini membuat rasa percaya diri saya naik mencapai atap rumah tetangga, terbang dengan ringannya meski dengan bobot saya yang 70 kg ini.

Hahay. . . Mendadak saya merasa cantik, merasa dicintai karena saya mencintai diri saya sendiri. Tak perlu dijelaskanpun liriknya telah cukup menjelaskankan dengan gamblang bagaimana rasanya jadi wanita berbadan berisi yang harus bertahan hidup dalam ukuran kecantikan dan standar industri fashion dan kosmetik yang mengkultuskan tubuh ideal sekurus selangsing manekin, seimut boneka Barbie.

Ughh!

Seakan kurus dan langsing itu keharusan, sehingga jamak terjadi ritual permak tubuh yang menyakitkan dan menguras biaya. Agak kejam rasanya ketika di dunia perempuan kerap mengatakan dan meyakini bahwa :

” Kecantikan diciptakan bukan dilahirkan, dan tak ada pencapaian tanpa rasa sakit.”

Jangan ladies! Stop! Berhentilah menyakiti diri demi tujuan penampilan nan cantik itu.

Meski kabarnya lagu ini menuai protes yang datang justru dari kalangan feminis karena dinilai menyudutkan wanita yang langsing (karena kuatnya pledoi dalam lirik lagunya atas wanita gemuk yang selama ini juga tak jarang seakan dianaktirikan dari dunia fashion dan lekat dengan diskriminasi), tapi lagu ini telah menggugah dan menginspirasi saya, dan amat sangat mewakili perasaan dan diri saya yang tahu benar rasanya _dibully bahkan dibuat merasa bersalah dan tak nyaman atas apa yang saya makan dan lakukan karena anggapan orang_ ketika jarum timbangan terus bergeser ke kanan dan amat sulit jika harus membuatnya ke kiri lagi.

Meghan Trainor sendiri dari yang bisa kita semua lihat adalah gadis muda yang manis dan menarik meski tubuhnya memang berisi tapi setiap wanita seksi dengan cara dan gayanya sendiri. Mau kurus ataupun gemuk semua punya plus minusnya masing-masing, apalagi jika mulai memasuki ranah kecantikan, hubungan dengan lawan jenis dan sensualitas.

So, selama gemuk tak membawa masalah dan tetap sehat, pede aja lagii, karena,

Yeah, my mama she told me don’t worry about your size. . .
She says boys like a little more booty to hold at night. . .
(Aw aw aw. . .)

Advertisements

4 thoughts on “ANTARA SAYA, BERAT BADAN DAN MEGHAN TRAINOR (Review Lagu All About that Bass)

  1. Assalamualaikum…

    Krn manusia memang makhluk yg diciptakan paling sempurna. Tp kadang kekurangan & kelebihan tiap individu, membuat kita tak melihat lg kesempurnaan itu.
    Sempurna disini bukan bagus dlm segalanya, tp bagaimana kita mampu meletakkan semua secara tepat. Entah itu kelebihan ataupun kekurangan yg kita miliki.

    Seperti yg kamu lihat, fisikku sngt bertolak belakang dgmu, aku malah tllu kurus. Tp kita sm2 merasa bahagia dg apapun bentuk diri kita. Bahagia karena bagaimanapun bentuk fisik kita, banyak org2 yg menyayangi kita apa adanya.

    Like

  2. @eanreana,

    wa alaikum slm.

    Yup, bnr bgt. Kurus ataupun gemuk yg penting kita bahagia dan terus bs menjalani peran dan fungsi kita dlm khdpn.

    Suka bgt dgn komentarmu kali ini. Terasa melengkapi apa yg q tuliskn kali ini.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s