PAPARUTAN IWAK HARUAN BAGORENG (Oseng Jeroan Ikan Gabus)

Hujan t’lah tiba.
Hujan t’lah tiba.
Hore, hore !!
Hatiku gembiraaaa. . .

1-paparutan-iwak-haruan-b.jpg

Dingin-dingin begini yang paling enak kalau tidak tiduran ya makan-makan. Apalagi yang hangat-hangat dan pedas, dijamin sukses menggagalkan program diet Anda yang telah dijalani dengan keras mati-matian dan berdarah-darah itu. Huahahaha. . . *ketawajahat.

Maka kali ini saya akan membagikan sebuah resep unik yang praktis (biasa, saya mah paling doyan yang dioseng-oseng goreng-goreng gak pake ribet!) yang akan meningkatkan nafsu makan ke stadium 4. Kalau biasanya saya masak ikan, maka sekarang saya akan mengambil alternatif lain dari ikan yaitu isi perutnya.

Ih, syerrem ya? Membuat saya berpikir bahwa bangsa manusia memang predator (pemangsa) paling sejati. Tak puas dengan ikannya, jeroannya pun diembat juga.

Ini dia RESEP PAPARUTAN IWAK HARUAN BAGORENG :

BAHAN :

1/4 kg paparutan/jeroan iwak haruan/ikan gabus.

Kalau ada yang banyak telurnya lebih enak. Bersihkan dengan cara membelah usus dan lambungnya dengan sembilu atau pisau kecil yang tajam. Cuci bersih.

2-paparutan-haruan-goreng.jpg
Kalau saya sebenarnya kurang suka dengan jeroannya, yang paling enak ya telurnya (yang warnanya kekuningan itu) kenyal-kenyal lembut dan rasanya gurih.

BUMBU HALUS :

1 cm kunyit
1 siung bawang merah dan bawang putih
Garam dan asam kamal/ asam Jawa secukupnya.

Semuanya dihaluskan dan balurkan pada jeroan ikan yang telah dibersihkan tadi, diamkan beberapa menit agar meresap.

Sementara itu kita iris sebutir tomat, cabe merah dan cabe hijau besar, 3 siung bawang merah dan bawang putih. Tak lupa pula satu batang serai sebagai tambahan aroma. Oya, kalau suka yang ekstra pedas bisa ditambahkan cabe rawit tiga puluh biji.

CARA MEMASAK :

Siapkan wajan yang telah diisi minyak goreng secukupnya diatas api sedang. Setelah panas masukkan serai dan bahan irisan tadi kecuali tomat, oseng-oseng sampai harum.

Kemudian masukkan jeroan ikan, aduk terus, beri sedikit air dan gula pasir. Setelah hampir matang baru masukkan irisan tomat, oseng-oseng sampai air menyusut dan jeroan ikannya matang sempurna. Cicipi rasanya apakah sudah pas atau belum dengan selera Anda. Bisa ditambahkan penyedap bila suka.

Ini dia,

3-paparutan-iwak-haruan-g.jpg

Pararutan iwak haruan bagoreng siap dihidangkan bersama dengan sepiring nasi pulen hangat yang dinikmati ditengah cuaca dingin karena hujan tanpa henti dari malam sampai sore hari.

Kada bataha tupang, kanyang rata dapatnya!

Advertisements

17 thoughts on “PAPARUTAN IWAK HARUAN BAGORENG (Oseng Jeroan Ikan Gabus)

  1. Hujan mah udah dari bulan2 kemarin kale, kenapa horenya baru sekarang?

    Sekarang aku ngerti kenapa sampai 69kg. Hihi
    Btw kira2 Denok bisa masakin itu gk ya?

    Like

  2. @John Kampret,

    iya emang. Tp kan hujan x yg intens semaleman ampe siang seharian bru d bulan2 ini di daerah sy (Banjarmasin dan sktrx). Makax ni senang bgt udah ky kaum berudu pesta pora d empang. Gkgkgk. . .

    Menikah kan bs jd slh satu program perbaikan gizi dan peningkatan taraf kesejahteraan hdup manusia. So gemuk dikit mah sah sah aja. *masang muka tanpa dosa.

    Sy yakin Denok mah serba bisa. Terbukti, gak cuma bs ngaduk masakan, dia juga pandai ngaduk2 hati kamu.
    Wew. . . .

    Like

  3. Wah ikan gabus, lumayan ikan mahal ini mbak bro kalo di tempatku

    ternyata jeroan ikan, bisa jga di masak hehe… Nyaris tak terbuang

    uenake… (kayaknya sih)

    Like

  4. eh, pagi2 berkunjung kesini udh disajikan menu masakan πŸ˜€ ,, cuma bikin ngiler, mau bikin gak bisa, minta dibikinin belum punya istri πŸ˜€ mungkinkah si penunggu blog ini mau berbaik hati memasakkan buat qw πŸ˜€ hahha

    Like

  5. Huwwwaaa…ibu ini…lama ya tak bersua…fb ibu kenapa..ko saya ga bisa menemukan fb ibu lg di wall dakuh, dannnn parut iwak ini membuat bumil sukses menitikkan liur,..musim hujan musim anak iwak,ayo bu post anak iwak besanga..sluruupp..

    Like

Leave a Reply to eanreana Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s