BAWAAN BAYI ATAU BAWAAN MALAS ??

Ekhem!

Tes satu dua.

Tes ting tes ting, setetes langsung bunting.

Eh,

ibuhamil.gif
Gambar dari:
budak-keren.blogspot.com

Kalau biasanya saya rajin mengkritisi dan menilai secara subjektif, lebih menekan dan sedikit menyudutkan pria. Maka kali ini saya mau bawel, cerewet, ‘rese’ mengkritisi kaum saya, p e r e m p u a n.

Akhir-akhir ini saya sering dibuat ‘grrrh’, agak kesal gimana gitu lihat perangai dan lagaknya para ibu hamil. Kalau perihal ngidam yang tidak biasa di awal-awal kehamilan rasanya itu sudah lumrah dan biasa ya.

Tapi sekarang ini saya baru tahu kalau karena hamil si calon ibu bisa jadi maniak belanja, hobi jalan-jalan, makan di luar dan gak masak di rumah seharian.

Dan dalih yang paling shahih ya kata-kata sakti ”bawaan bayi, yang kalau tidak dituruti nanti anaknya bisa ileran, ngeces gak karuan”. Itu selalu jadi senjata pamungkas paling mandraguna agar para suami mau saja membiarkan para istri yang sedang bunting itu bertindak ‘semena-mena’.

Saya tahu kalau kondisi psikis ibu hamil rawan stres, gak boleh kelelahan dan butuh perhatian lebih dari orang-orang terdekat, terutama suami selaku oknum pelaku yang membuat bengkak kronis sembilan bulanan itu. Juga perlu pakaian baru ukuran jumbo untuk memuat perut yang membesar, pay*dara dan pinggul yang melebar. Tapi kok saya merasa agak kejam ya, kalau karena hamil para wanita jadi kemaruk dan konsumtif tiada tara yang tak ayal membuat para suami mengurut dada dan mengelus isi dompet yang isinya tinggal tak seberapa karena sedang kena sindrom tanggal tua.

Membuat saya bertanya, itu memang bawaan bayi atau bawaan malas??

Karena anehnya lagi siklus ‘ngidam mahal’ ini terus berlanjut sampai si orok lahir. Kalau pas hamil selalu makan di luar karena alasan bawaan bayi, maka pasca melahirkan dalihnya pasti tak lain tak bukan karena rempong dan repotnya mengurus bayi itu.

Herran saya, mungkin jaman emang udah berubah, kalo dulu perempuan hamil cukup puas dengan memakai daster jadul warisan ibu atau mertua yang sudah kadaluwarsa, maka sekarang lain lagi, baju hamilnya mesti beli yang teranyar di mall atawa butik ternama biar gak kucel dan tetap trendy macam sosialita. Dan ini bener-bener kalap, melewati batas.

Karenanya saya menulis ini (walau dengan resiko tinggi kemungkinan dicekal, ditimpuk kapstok atau gak diundang lagi di acara arisan oleh para tetangga dan ibu-ibu muda) agar para suami waspada dan para istri sadar diri supaya kehamilan tidak dijadikan senjata, alat pemuas keinginan yang sebenarnya tidak penting-penting amat dan cenderung sebagai tindakan pemborosan yang menyuburkan perilaku malas.

Bukan berarti ibu hamil tak berhak menikmati kesenangan, tapi yang sesuailah dan sewajarnya saja.

Beli baju hamilnya gak usah banyak-banyak, cuma dipakai beberapa bulan ini kok.

Juga gak usahlah beli high heels berjeti-jeti, toh bahaya kalo pas hamil memakainya, kalau entar kepeleset trus mrosot ke got, piye? Kalaupun niatnya bisa dipakai pasca melahirkan biasanya ukuran kaki berubah dari saat hamil.

Tengoklah suasana dapur dan rasakan betapa dinginnya tanpa sentuhan tangan wanita. Kurangilah aktivitas makan di luar dan jadikan memasak sebagai kegiatan yang menyenangkan.

“Memasak dan mengolah makanan sendiri bukan hanya sekedar urusan mengisi perut yang lapar. Tapi itu juga sebagai sarana pemenuhan gizi keluarga yang terjamin kebersihan dan higienitasnya.

Lebih dari itu, memasak dan menyediakan makanan sendiri adalah salah satu elemen pengendalian yang super penting dalam rumah tangga yang berfungsi untuk terus merekatkan cinta kasih sayang suami pada sang istri”.

Ciyee. . . Ciyee. . . Masakanmu tak terlupakan ! #melukwajanamapanci

Jadi, mau insyaf kan jadi ibu hamil yang pemalas, gak suka masak dan doyan ngemall ?

30 thoughts on “BAWAAN BAYI ATAU BAWAAN MALAS ??

  1. @eanreana,

    wa alaikumsalam.

    Haha. . . Ya am nah, ngalih ae lantaran mata maliat lalu ja muntung manyambat.

    Kada papa mun pas hamil pina pangoler, asal jgn dilambak hj kolerx. Subur bnr tagal kd tumbuh napa2/kdd hslx.

    Mun "tuan mkn snjata" harat bnr tu sdh kasaktianx. Wkwkwk. . . .

    Like

  2. Mungkin ibu hamilnya balas dendam sama suaminya. Lagi asik bobok cantik, mimpi pergi ke butik dan beli kosmetik, malah disatroni sama sang suami. 😀

    Like

  3. komen gue masuk gg yah tante.. kmrn komeng ane panjaaaaang bnget.. tp blm nongool dsni.. masuk spam apa sngja tidak di tampilan dmi alasan keamanan. hehe..

    Like

  4. intinya si istri menuntut bls dendam slma ini trhdp suami tante rus…
    oh ya…. krna bnyak sekali suami yg mmperlakukan istri seperti budak se*x nya.
    tak perduli istri lagi capek atau engga yg jelas ketika horny dateng istri harus buka sikit joos..

    dan klo melihat aktivitas seorang istri dr pas dia bngun sampe tidur lg kadang lagi tidur di bngunin itu sangat menguras tenaga sekali tante,di bnding pria yang hanya beraktivitas berangkat kerja pas pulang tinggal istirahat. enak bnget kan….
    yang jelas uang dapur gak kurang.

    dan mungkin di wktu hamil ini si istri menuntut bls.. dia rewel dia manja…ngidam gak jelas,kalo ngidam menurut ane cuma sugesti tante… bayi di dlm perut blm tau makanan yg ada di dunia jd mna mungkin dia bisa pengen ini itu,,kalu di luar negeri apakah ngidam itu juga ada tante….

    bhkan ada yg ngidam extrem tante… ada cewek dia hmil tp ngidam nya pngen ngerasain di mandiin sama orang gnteng.
    gila kn..
    what the hell…
    bawaan bayi apa emg horny..
    ah.. entahlah.

    Like

  5. @rammseiza,

    haha. . .
    Tumben2 an bung Ram membela kaum perempuan.

    Tp mungkin memang ada benarx, hamil kan emang kesempatan kali yak, kpn lg coba suami bs lbh peduli, mumpung lg hamil. Gitu kali.
    Tp gak smua bumil gitu kok. Byk yg wajar2 aja.

    @Dicky Argiyatna,

    haha. . . Bs jd bls dndam. Hamil dan kesempatan untuk dpt perhatian lbh

    Like

  6. Memang ada juga sih yg krna kesehatanya,,hamil sampai 4 bln gak bisa angkat kepala,jd cma angkrem ditempat tdr,ada jg yg memang janinya ringkih,gak boleh gerak sdikitpun ibunya..tp diluar itu rasanya gak ada ngidam aneh2..Bahkan saya pernah lihat ada ibu2 penjual makanan keliling,dr hamil muda samapai besoknya bersalin tetap melakukan aktifitas biasa, (membantu suami cari nafkah,setelah sbelumnya membereskan urusan rumah,blm lagi hrs tetap maen matematika supaya semua cukup ),,padahal itu anak pertama dan hamil pertama…toh si orok lhr sehat walafiat,,gak ileran meski ibunya dulu pingin banget makan apel tp tdk keturutan.

    Like

  7. tp menurut ane nih tante @riniwp ,kayanya tante rus ini kepingin bgt ngidam di mnjain jajanan . hahaha… tapi gg kesampean.. wkwwkw..

    Like

  8. @riniwp,

    nah, itulah mbak. Kalo memang yg ada mslh dgn janin atau kshtnx kan itu pengecualian. Yg ini kan yg gak apa2 tp manja, dikit2 bwan bayi. Males masak males mandi bwan bayi, kesanx tu orok blm apa2 udah nyusahin. Kan gak etis rasax.
    Kalo udah trbiasa sugestix ky gitu ya kebiasaan jdx, org2 yg lain trpaksa maklum sj.

    @Ramseiza

    gak ah bung Ram, sy udah 2 kali hamil dan ngidam. Dan gak usah pake brlagak manja spt itupun suami sy udah paham dan pengertian bingitz. Sgala keperluan istri yg sdg hamil dpt dipenuhi dgn baik, suami siaga juga. So, sy gak pnh pake 'ngidam lebay' dgn alesan bawaan bayi sampek kepengen yg gak2 dan aneh2 apalg nyusahin org serumah.
    😛

    Like

  9. jgn lama.lama nyari inspirasi tante…
    udah 3 kali kesini masih ini.ini aja post nya..
    nih ane kasih tips biar dapet inspirasi..
    ambil 1 batang rokok..
    terus boker…
    usahakan yg kloset nya jongkok jgn yag duduk..
    sambil ngeden isap tuh rokok..
    ane jamin inspirasi datang.

    Like

  10. Kurasa wajar kalo bumil ntu sedikit manja dari biasanya. Karena 9bln 10hr ntu lama juga lho.

    Walah jadi kepengen cepet2 mbuntingin istriku dimasa depan. Haha

    Like

  11. Iya bund, emang klo dipikir aneh paska nyidam pertama, maklumlah wktu itu blum jd bpak n sdang menunggu, eeh begitu hamil nyidam awal kok nyidam hp SE C901i, smpe tak bela2in ke bekasi soalnya dimanapun second pun dh sngat sulit. Untung di mall bekasi ada produk Cuci Gudang, jd deh dpt yg baru.

    Aku pikir nyidam yaa pasti tentang makanan, buah2n ealah, tp itu jd pengalaman unik jg.

    Slbihnya istriku gk ngelunjak kok, n tetap pd kodrat wanita, lbh suka masak dirumah hingga 9 bln n lahir tetap minta sesuatu yg wajar. Alhamdulillah punya istri cantik yg gak royal, aku dulu gak pernah kepikiran klo hdupku bakal dilukis sdemikian.

    Like

  12. alhamdulillah istri sya tdk seperti itu, walaupun sedang hamil muda, tp dy masih tetap bangun pagi masak untuk sya, menyiapakan segala keperluan sya,.. dan ngidamnya nggak neko2.. 🙂

    Like

  13. setuju bgt…aq pas hamil anak pertama baru 6 bln kakakq jg hamil 1 bln tp manjanya bikin greget bukan aq ngiri ya..tp aq pas prtma ngidam aj d kta ktain mnja pdhl aq hamil posisi jga warung eh skrg dy hamil ktnya gk doyan mkn mintanya es buah bakso mknan siap saji di luar deh udh gtu anaknya suka di sruh mkn d rumah ortu sy nneknya sih tp sy kn suka klo mint trs ortu sy aj cuma tani alsnnya ktnya dy gk doyan mkn jd anaknya sruh minta. .sdgkn aq dr kecil ampk skrg gk prnh mau mnja brlbihan…swajrnya aj lh….eneg ngeliat org mnja yg suka ngata ngatain org

    Like

  14. sy awalnya sebelum hamil sepikiran dg anda.
    nah, sy dapati ternyata tidak semua semua benar setelah SY HAMIL. sy tdk suka masak, really, karena bau minyak goreng hbs goreng daging buat makan suami sukses buat sy pusing dan muntah terkuras hbs isi perut. sy sdh sangat sangat menahan dan terus mencoba memasak untuk suami tp selalu berakhir dg muntah hbs2an karena mencium bau bawang dan minyak panas yg tajam. bhkan lewat dpan warung penyet sj sy mual muntah. sy jadi makan bungkus, bukan krn pgn boros tp sy menjaga anak di kandungan sy agar tetap ada masakan masuk, drpd memaksakan memasak tapi makanan yg sy mati2an buat makan keluar semua. penciuman sy sangat sensitif. soal mandi jg sama, sy saat hamil selalu kdinginan pdhl suami tidak. biasanya kalau sore. teman ada yg dibelain cuma mandi sekali saja, pas pagi saja. tp sy bs dua kali dg mandi air hangat untuk sore dan sy usahakan sebelum jam 5 sdh mandi.
    mungkin ada yg memanfaatkan situasi, namun tidak semua ibu hamil tega "menganiaya" suaminya. melihatnya kebingungan menangani sy yg pusing, mual, muntah, dan lemah sdh membuat hati sy rontok kasihan. dan perlu diketahui keadaan seorang ibu dg yg lain berbeda..begitupun kandungannya.
    ada yg strong, sehat bs ini itu tanpa ada ada keluhan. ada juga yg lemah.
    jadi, tidak semua tapi sebagian (kecil) devil yg hamil dg teganya "memperkosa" hak suaminya.
    alhamdulillah, jika anda hamil tanpa keluhan berlebih seperti ibu hamil lainnya. sebuah anugrah dan keberkahan luar biasa bagi anda dan suami anda.

    Like

Leave a Reply to Ronny Dharmawan Jimmy Sulivan 19 Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s