TREND SOSIAL YANG PERNAH HITS DI INDONESIA (Dari Anggrek Selangit Sampai Jaman Batu)

2-hargabatuakikbacan2.jpg
Batu Akik
(pic: koleksibatu-akik.blogspot.com)

Beberapa waktu terakhir ini, di Indonesia kita tercinta ini tengah disibukkan oleh trend Batu Akik. Semua orang, dari kalangan artis sampai pejabat, yang tua ataupun muda, lelaki dan perempuan dari berbagai kalangan, semuanya tengah menggandrungi batu akik.

Fenomena semacam ini sebenarnya pernah berlangsung dan selalu berganti dengan berbagai trend yang menjadi hits di masyarakat. Apa sajakah itu? Dari percakapan orang-orang saya menyimpulkan ada beberapa macam trend yang pernah booming di Indonesia, terkhusus di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yaitu:

1. IKAN

ikan-cupang-crowntail-ser.jpg
Ikan Cupang
(pic: http://www.bibitikan.net)

Mulai dari ikan Cupang yang bisa diadu, ikan Koi dan Mas yang lucu unyu-unyu, ikan Sapu-Sapu yang hobinya ngesot di kaca aquarium, si benjol Lohan yang bermuka jelek sampai si ikan mahal yang konon katanya dpt membawa keberuntungan bagi pemiliknya, ikan Arwana. Semua pernah menjadi bagian dari trend di ranah hewan peliharaan.

2. BURUNG

kenari-5.jpg
Burung Kenari
(pic: http://www.gacormania.com)

Yang ini tidak terlalu booming tapi bisa dibilang yang paling awet sampai sekarang masih mendapat tempat di hati para pencintanya. Mulai dari Kenari yang cantik, Cucakrowo yang sukses dibikin lagunya sampai burung-burung langka yang dilindungi, tak ketinggalan pula mengikuti event-event kontes burung kicau tingkat nasional. Kalau sudah menang seekor burung bisa menjadi primadona dan mahal harganya.

3. BUNGA

anthurium-jenmanii-saw.jpg
Anthurium Jemani
(pic: jemani-klaten.blogspot.com)

Rasanya kita masih ingat ketika trend berkebun dan memelihara bunga mulai mewabah di Indonesia, sukses meracuni kaum hawa dan menyasar ibu-ibu rumah tangga.

anggrek-bulan.jpg
Anggrek Bulan
(pic: hiburan.dbagus.com)

Mulai dari bunga taman yang umum seperti mawar, melati, kembang sepatu, aster, bougenvil sampai melejitkan bunga Antherium Jemani dan Anggrek Hutan pedalaman Borneo dan Papua yang diklaim hingga puluhan juta rupiah. Benar-benar bukan ukuran yang murah untuk sebuah hobi dan trend.

4. TOKEK

gambar-tokek.jpg
Tokek
(pic: binatang.net)

Ini adalah trend yang saya paling tidak dapat memahaminya. Karena tokek yang dicari adalah yang berukuran besar (seperempat sampai setengah kg). Padahal kita semua tahu, tokek hanya sedikit lebih besar dari cicak. Dari kabar yang beredar, katanya tokek-tokek itu akan dibeli dengan harga yang mahal, dibawa ke perbatasan Kalimantan-Malaysia untuk selanjutnya dibuat obat AIDS di luar negeri sono.

Entah benar atau tidak, yang jelas sekarang trend tokek ini tak ada kabar beritanya lagi karena sulitnya (bisa dibilang mustahil) mendapatkan tokek yang ukurannya besar/memenuhi syarat.

5. HEWAN LUCU BERBULU

chihua2.jpg
Anjing Chi Hua Hua
(pic: anjingdijual.com)

Yang ini juga tak jauh beda dengan burung peliharaan, masih eksis hingga saat ini. Ada kucing jenis Anggora dan Persia yang anakannya saja bisa mencapai angka 3 juta rupiah perekornya. Anjing mungil lucu Chi Hua Hua yang sempat populer karena menjadi hewan peliharaan kesayangannya artis Hollywood, Paris Hilton. Atau dari kelas hewan pengerat jenis tikus-tikusan bernama Hamster.

Perawatan hewan-hewan ini juga tak sembarangan loh, ada salon, spa, butik dan tempat penitipannya juga kalau-kalau si pemiliknya mau mudik atau bepergian.

6. BATU AKIK

Inilah trend paling gress dan teranyar abad ini. Mulai dari Pacitan kampung halaman pak SBY sampai Martapura di Kal Sel yang dijuluki kota Intan, berbagai jenis batu-batu alam Indonesia yang kaya ragam pun bermunculan. Kecubung, Bacan, Merah Delima, Yakut, Zamrud, Giok, Batu Fosil sampai yang sedang naik daun sekarang Red Borneo, benar-benar mampu membuat mata siapa saja terpana. Hmm. . .

baturedborneo.jpg
Red Borneo
(pic: http://www.bifnews.com>

Kira-kira itulah beberapa trend yang pernah dan masih ada di lingkungan sosial masyarakat kita yang bisa saya tuliskan di sini. Mungkin masih banyak trend yang terlewatkan, dan entah akan ada trend apa lagi nantinya. Manusia memang makhluk sosial yang senang akan inovasi, perubahan, dan keunikan hobi. Dan Indonesia memang tempat istimewa yang dengan kekayaan alam dan keragaman budayanya mampu mendukung itu semua.

9 thoughts on “TREND SOSIAL YANG PERNAH HITS DI INDONESIA (Dari Anggrek Selangit Sampai Jaman Batu)

  1. @ALL MUSIC,

    haha. . . Iya bnr bgt. Batu akik memang identik dgn org2 tua. Tp kykx org muda juga bs kok tp disesuaikn sj. Misal dgn gaya minimalis, mata btux bs dibentuk kotak atau bulatan yg kecil sj. Juga bingkai cincinx jgn yg besar dan tbl, polos sj tanpa ukiran atau hny sdkt ukiran. Pasti keren dan tetap gaul.

    Like

  2. Assalamualaikum…

    Di kotaku sempat trend jilbab yg ditaburi dg permata. Meski bukan permata asli (sirkon sintetis), tp jg membuat harganya jd selangit, yg paling murah aza sekitar setengah juta.

    Kl trend di artikel ini, aku pernah piara ikan, tp yg masih sampai sekarang cuma kucing meski kucing kampung biasa tp cakepnya ga kalah sama kucing mahal.

    Like

  3. Kalau saya saya pernah pelihara ikan hias dan burung kicau. Kadang2 lebih perhatian sama hewan2 tsb dibandingkan anak2nya. Kalau pulang kerja, yang ditanyain duluan adalah "apakah hewan peliharaan sudah diberi makan". Haha parah

    Like

  4. Dari deretan trend yg pernah booming diatas, tak satupun yg berhasil membuatku tertarik.

    Mungkin nanti kalo ada trend warna hitam, sepertinya aku udah keren duluan. Hehe

    Like

  5. Idem @JK,,
    Cuma penggembira aja,,prihatin sama adik yg duu lohan nya sudah sangat nonong, ditawar 4jete msh diulur, eh paginya ko'it,,jadinya adiku gk doyan makan selama 3 jam ha ha ha,,,

    Dan skrng,,seneng aja,lihat pemandangan dimana2 orang pada 'gosip' = gosok batu2 nya..

    Like

  6. kalo saya sih lebih suka trend ikan, waktu masih suka ikan, dulu saya sampe melihara ikan macem2 cupang, koi, emas, lele merah juga punya dulu

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s