Akhirnya, Setelah Sekian Lama: PANCAKE

Hohoho. . . Berawal dari terwujudnya keinginan saya dapat membeli wajan teflon anti lengket dua tahun lalu, yang hanya bisa saya gunakan membuat wadai limping pisang tradisional dan telor dadar males. Maka saya bela-belain muter-muter halamannya mbah Google supaya bisa bikin pancake sendiri.

Sebenarnya pancake gak jauh beda dengan serabi atau kalau di Banjarmasin ada Apam Surabi yang berkuah gula merah/gula aren padat yang dicairkan . Hanya saja kalau Apam Surabi memasaknya hanya satu sisi tanpa dibalik, juga ada sensasi rasa agak keasaman hasil dari fermentasi tapai singkong yang dimaksudkan sebagai pengembang alami. Kalau pancake di bolak balik ke dua sisinya sampai warnanya kecoklatan.

Mirip juga sih sama Terang Bulan a.k.a. Martabak Manis, tapi kalau Terang Bulan gak dibalik dan ada isiannya, juga lebih tebal.

Oke, akhirnya setelah berkali-kali mencoba, pernah ngotot pakai santan dan bukan susu dan gagal, maka setelah kemarin saya ke pasar dan membeli bahan-bahan yang dibutuhkan inilah dia Pancake gurih nan empuk itu :

pancake.jpg
Ini topingnya pakai sirop gula dan vanili buatan sendiri. Ternyata orang serumah pada suka. Bisa juga pakai taburan keju, gula aren, gula halus ataupun susu coklat.

Cocok banget buat sarapan ataupun camilan teman bersantai yang berpotensi menambah berat badan (secara bisa habis 5 lempeng Pancake sekali duduk).

pancake-1.jpg
Pancakenya emang rada lebar dan agak tipis karena pan anti lengket yang saya punya adalah ukuran besar, adonannya saya tuangkan di tengah wajan saja sebanyak satu sendok sayur, jadi agak mleber ke samping.

pancake-2.jpg
Pancake in action.

Resep, tips dan sumber referensi pembuatan Pancake saya dapat DI SINI.

6 thoughts on “Akhirnya, Setelah Sekian Lama: PANCAKE

  1. soal bikin makan, gak terlalu jago.. Tp kalo dalam mncicipi., q jago'y smpe abiz ,buat nyicipin doang. Blm lagi makan… πŸ˜€ … Met makan siang deh.. πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

    Like

  2. Wah, maaf baru bisa anjangsana, baru tak baca td curhatan rus di blog saya, wkwk :mrgreen:

    Anu, sekalian itu dikirim pancake nya kesini, kasian saya sudah ngiler dr td πŸ˜€

    Like

  3. Assalamualaikum…

    Aku lebih suka adonan lempeng biasa yg di dadar tipis trus di isi ky terang bulan drpd pancake. Pancake paling enak dimakan dg toping es krim di atasnya.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s