ROHINGYA. . . ROHINGYA. . .

Rohingya. . .
Rohingya. . .

Mungkinkah mereka masih saudara kita yang terlahir dari rahim yang lain?
Yang kemarin sempat mengetuk pintu-pintu rumah kita dan kita menolaknya.

Anak-anak, para ibu, wanita dan lelaki tertatih tak berdaya mencari sedikit cahaya dan masihkah ada tempat perlindungan di bumi Nya?

Rohingya. . .
Rohingya. . .

Masihkah mereka kita anggap saudara?
Saat jemari mereka gemetar mengetuk pintu kita dan kita justru memalingkan muka.

Dan bahkan jikalau merekapun bukan saudara karena perbedaannya. . .
Tak bisakah kita ulurkan tangan sebagai manusia. . .
Cukup sebagai manusia.



Saya hanya sedang merasa sangat sedih melihat derita minoritas muslim Rohingya yang terusir dari Myanmar. Mereka menaiki perahu dan terkatung-katung di lautan, sempat memasuki perairan Malaysia namun ditolak. Lalu terdampar di perairan Indonesia dan ditolong nelayan di Aceh (kabarnya TNI juga sempat keberatan dengan kehadiran para pengungsi ini). Kondisi ratusan (atau mungkin ribuan) pengungsi ini sangat mengenaskan, mereka bahkan ada yang meminum air kencingnya sendiri agar bisa bertahan hidup. Mereka terluka, sakit dan membutuhkan pertolongan, terlebih para lansia dan anak-anak (SUMBER).

Allah. . . Apakah bumi Mu telah menjadi demikian sempitnya sehingga kami tak bisa berbagi tempat dengan mereka?

Juga saat ini, ribuan jarak dari sini, di sebuah negara di Timur Tengah jazirah Arabia, Yaman tengah digoncang perang saudara, diserang Arab Saudi dan sekutunya.

Mengapa ini terjadi? Mengapa kita tak bisa berhenti saling melukai?

11 thoughts on “ROHINGYA. . . ROHINGYA. . .

  1. Assalamualaikum …

    Jgnkan para pengungsi, kadang kita tak perduli dg anak2 yatim atau janda2 tua yg kelaparan disekitar kita, padahal masih termasuk jiran. Nafsu & ego membuat mata hati kita tertutup tuk berbuat kebaikan tanpa melihat kpd siapa kita berikan.
    Semoga kita tdk termasuk org2 yg berhati batu, org2 yg tak berempati melihat penderitaan org lain. Mari saling berdoa untuk semua muslim dimanapun berada.

    Like

  2. betul sekali saya setuju dengan ibu. rohingya memang harus ditolong bagaimanapun mereka adalah saudara kita semua.

    Like

  3. ya begitulah kondisi mereka, di negara sendiri mendapat perhatian tapi tak akan diakui kewarganegaraanya oleh kaum budha di myanmar:(

    Like

  4. #SaveMuslim #SaveRohingya

    mereka termasuk salah satu minoritas paling tertindas.. jika negara muslim lain seperti palestina mereka masih bisa membela diri, tapi rohingya , lahaula walaquwwah..

    Like

Leave a comment