TOPIK PEMBICARAAN IBU-IBU KETIKA NGUMPUL BERSAMA

Haha. . . Akhir-akhir ini berasa jadi emak-emak banget (loh emang udah ibu-ibu kan?), total banget dan penuh penghayatan peran karena tiap hari kudu nungguin anak sekolah TK dan semakin intens bertemu sesama ibu-ibu. Biasa deh, kalo udah ngumpul pasti emak-emak pada rame, ngomong ngalor ngidul, curhat-curhat, sampe gosipin artis anu kayak udah kenal dekat dan tetanggaan aja ama tu artis.

Sebenarnya apa sih yang biasa diomongin ibu-ibu kok tiap hari bisa rame aja terus macam pasar kaget. Ok, ini dia:

1. MERTUA

Nah, ini sengaja saya pajang di list teratas karena dari hasil survey dan observasi harian saya sepertinya memang topik mertua bisa dikatakan selalu masuk headline di halaman utama para ibu-ibu (biasanya sih antara mama mertua dan menantu perempuan). Gak ada habisnya, gak ada matinya. Mulai dari mertua yang baik hati nan sayang menantu ( konon katanya sangat sedikit, sekitar 10% ) sampai yang paling banyak dan paling santer terdengar yakni tipikal mertua yang bisa jadi musuh besar bagi menantu. Gak tanggung-tanggung populasinya mencakup hampir 90% bahwa mertua dan menantu gak bisa akur.

Sentimen khas dua perempuan beda zaman yang mencintai satu lelaki ini terus menuai polemik, dilema, curhat dan topik gosip yang selalu up to date di mana saja. Jadi, rasanya memang tak berlebihan bila ada peribahasa:

Adam dan Hawa adalah manusia paling berbahagia karena tak punya mertua.

2. SEKSUALITAS

Siapa bilang yang suka omongan nyerempet-nyerempet hanya kaum lelaki saja?

Perempuan pun bisa jadi sangat ahli dalam membicarakan perihal teori dalam ranah paling pribadi ini. Menuai reaksi beragam, dari cekikikan penuh rahasia, bisik-bisik tetangga sampai ledakkan tawa yang dapat meneteskan airmata. Seksualitas dan proses reproduksi manusia memang bahasan yang mampu menegakkan daun telinga, soal praktek tergantung kepribadian masing-masing dan kreatifitas pasangan tentunya. Hoho. . .

3. RESE bin KEPO

Apaan sih coba? Bukan ibu-ibu namanya kalo gak bawel, memang ada juga sih ibu-ibu yang anteng yang gak suka ngurusin masalah orang lain tapi seringnya (termasuk mak admin) ya rese dan kepo. Hobi gosipin artis, ngomongin orang lain atau minimal kepo nanya-nanya sekedar

“kerudung pinknya bu Ita cantik deh, berapa belinya? Di mana? Ada warna lain gak, mau douwnk. . .”

Panjang deh ceritanya kalau udah gitu bisa merembet-rembet ke pasar lokal Tanah Abang atau ngoyo ke lokasi pelelangan di luar negeri.

4. FASHION

Namanya ibu-ibu, belum afdol kalo gak menyinggung soal fashion dan trend kekinian.

“Itu daleman jilbabnya apa jeng? Ciput ninja apa ciput renda? Celana yang oke apa ya, legging apa celana harem? High heels apa sendal teplek? Alisnya dilukis aja apa disulam?”

Rempong abis dah kalo udah bicara fashionnya perempuan, makanya Syahrini sempat ngehits banget dengan trend busana Kaftan, Abaya Renda dan Tudung Fatima.

Kalo ada teman ibu-ibu yang jeli melihat peluang ya segera deh, besoknya bawa-bawa aneka pakaian grosiran buat di kreditkan. Lumayan. Gak heran juga ntar pas akhir tahun ajaran ada cekcok dikit perihal kredit macet utang yang gak dilunasi.

5. ISI TV

Ini ni yang saban hari gak pernah ketinggalan didiskusikan. Dari infotainment tentang perceraian artis anu yang padahal baru beberapa bulan menikah. Sinetron pak haji yang terus nambah episode bersession-session sampai beberapa kali musim haji gak kelar-kelar, sekumpulan serigala yang ternyata ganteng parasnya, gegap gempita drama korea sampai doktrin ajaran kepercayaan yang mengundang kontroversi dari tanah para Dewa, nuansa cinta dari Jazirah India dan yang paling gress dan membius kaum hawa adalah telenovela Cinta di Musim Duren, King Leman, sinetron langsung impor dari eksotisme negeri Turki.

Beberapa ibu yang kritis juga gak ketinggalan menanggapi kebijakan pemerintah, kenaikah harga sembako dan juga merosotnya nilai Rupiah terhadap Dollar. Berat juga ya bahasannya, ibu-ibu juga bisa serius loh.

6. CURHAT SEGALA BIDANG, dsb

Pokoknya curhat aja, udah. Kemampuan berbicara kaum hawa kan emang lebih mumpuni dari laki-laki, jadi ya gak usah pake heran.

Membuat saya mikir sendiri, mungkin karena kemampuan wanita yang seperti inilah yang akan membuat kaum wanita jadi penghuni terbanyak di neraka. Naudzubillah.

13 thoughts on “TOPIK PEMBICARAAN IBU-IBU KETIKA NGUMPUL BERSAMA

  1. Assalamualaikum …

    Ga bakalan kehabisan topik deh kl kaum hawa dah saling bercerita!
    Ga usah banyak, kita berdua aza kadang kl ngobrol bs kemana-mana, pokoknya panjang bahasannya!

    Lg, pemutakhiran yg muncul di blogku adalah post terdahulu yaitu gambar bercerita.

    Like

  2. Masih bisa dimengerti, kecuali no 1. Walau bagaimanapun jg, mertua adalah orang yg telah merawat dan mendidik suami2 mereka.

    Like

  3. Wah, obrolan para emak2 tentang mertua vs menantu ada pada point paling atas, beda dengan versiku, Jeng. Malah jarang deh perasaan ngomongin itu, palingan topik santernya ngomongin belanjaan; baju, mukena dan alat2 make up ( secara banyak ibu2 di TK sini yang sembari jualan produk taperw*ea*r, Shofie M*art*n dll)
    kalau topik sexs biasanya malah pada gokil ngomongnya, malu2 kucing gitu.

    Like

  4. Silaturahmi gan. Jika agan berminat, Follow Blog ane ya gan, Jika sudah, Lapor di komentar Post ane, Pasti ane Follow Kembali ke blog agan

    Like

  5. Ternyata rame banget dan lengkap dunia infotaiment perempuan. Up to date banget. Laki laki aja ga nyampe yang segitu lengkapnya.

    Like

  6. Haha ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ kayaknya ni ibu sudah tahu betul semua perannya ibu-ibu, habisnya yang posting ya sdh total jadi ibu. Itu ibu-ibu yg sukanya ngerumpi terbilang masih belum bawel dan cerewet, coba kalau memang betul-betul cerewet, bawel?! Wahh….kalau cerita biasanya gak sempat bernapas tuh saking banyaknya yg pengin masih dia diceritain..? Betul tidak..?! Lha betul itu mbak.

    Bayangin aja tuh kalau lagi cerita, ngegosip atau pidato ke temannya, supaya gak dipotong itu omongannya…ceritanya seperti di :up: dia terus saja ngoceh kayak denger radio, dan kita pendengar sejati.

    Like

  7. H ha ha,,lagi2 buat saya sudah berlalu,,tp asik juga,,saking takut ketinggalan topik malah yg semangat bukn anaknya tp emaknya,,Lah anak udah mau ditinggal, tp emaknya gak tahu diri,,karena apa coba ??? ya gitu deh,,Tapi untung masa2 itu saya bekerja, jd mngurangi dosa he h he

    Like

Leave a comment