IWAK KARING SAPAT MASAK PADAS

sapatkaring.jpg

Iwak Sapat Kering

IWAK SAPAT adalah salah satu jenis ikan air tawar yang sangat familiar dalam masyarakat Banjar. Biasanya diawetkan dengan cara dikeringkan untuk menjaga dari kebusukan dan mendongkrak harga penjualan.

Di pasaran Iwak Karing Sapat berkisar antara 50-60 ribu rupiah perkilogramnya, rasanya yang gurih, garing dan kriuk sangat enak buat teman bersantap. Sampai-sampai banyak orang bilang daging dan ayam aja kalah lezatnya.

Nah, ini salah satu olahan Iwak Sapat Karing yang sering selalu diminta oleh suami. Terutama buat bekal pergi memancing bersama teman-temannya.

masakpadas.jpg

BAHAN:

* 1 ons Iwak Sapat Karing.
* minyak untuk menggoreng dan menumis

BUMBU:

* 4 siung bawang merah.
* 3 siung bawang putih.
* 20 butir cabe rawit.
* 1 batang cabe hijau besar.
* 2 batang cabe merah besar.
* 1 butir buah tomat merah.
* garam secukupnya.
* 2 sendok makan gula aren/gula merah.
* 1 sendok makan gula pasir.

CARA MEMBUAT:

Pertama-tama goreng terlebih dahulu ikannya, sambil dioseng agar tidak gosong, setelah matang angkat, teksturnya akan menjadi renyah seperti kerupuk.

Kemudian haluskan semua bumbu, kecuali gula.

Tumis bumbu dengan sedikit minyak goreng, masukkan gula aren dan gula pasir. Tambahkan sedikit air, aduk terus sampai bumbu harum dan kandungan airnya menyusut.

Setelah bumbu mulai mengental, masukkan Iwak Sapat Karing yang telah digoreng tadi. Aduk terus sampai bumbu sambal pedasnya merata.
Jangan lama-lama, segera angkat agar mendapatkan kerenyahan ikan yang diharapkan.

sapatpadas.jpg

IWAK SAPAT KARING MASAK PADAS siap dihidangkan, berteman nasi hangat di area pemancingan. Rasa pedas manis gurih dan kriuk renyahnya siap menggoyang lidah anda.🙂

.

Advertisements

30 thoughts on “IWAK KARING SAPAT MASAK PADAS

  1. @rammseiza,

    iya, kalo ikan asin=iwak karing.
    Kalo Sapat ya nama jenis ikanx. Kyk papuyu=betok.
    Atau haruan= gabus(kalo ikan asin kering dari gabus disebutx Garih haruan.)

    Like

  2. Kalo dulu aku mancinG IWAK SAPAT (IWAK SEPAT) beda satu huruf. Tdk pakai pakan, tp langsung sendal.

    Ingat masa2 jayaku dulu. Jaya bnyak airnya. He he

    Buk laper. . Kirim ke jatim ya?

    Like

  3. oh gt bu..
    kalau sepat ane tau,,
    emg doyan ane ma sepat bu..
    enak,garing gt deh..
    cocol sambel, mantab…

    Ikan yg suka sendal ?
    wah.. Transformer tuh,,
    kalau ikan aja udh doyan sendal apalagi mubari..
    doyan semur upil.
    Muhehehe..

    Like

  4. Assalamualaikum wr wb.

    Aku hanyar dpt oleh2 dr sahabatku yg baru datang dari Nagara, iwak karing sapatnya disusun, jadinya kaya keset, besar dan lebar.

    Like

  5. Assalamu'alaikum wr wb

    tan ge pljarn olah raga ne bun,
    nyuri wktu dl wt nengok bunda:)

    mmmmhh…trnyta dh d siapin iwak sapat,
    hmmm…nkmat bget bun,d tmbh smbal calu hah nambah lge mkan'a,

    ntan dh save ampel jgung'a jg bun,
    yg ne jg ijin save ea,

    mksh bunda resep'a

    muaachh…
    I love u bunda…

    lngsung lari lge k lpang basket

    Like

  6. @eanreana,

    wa alaikum salam.
    Nah, pas, bagus to.
    Rami ni sapat musim kumaraw, kw mangacal sapat, sajidar kulihan.

    Batuhuk manyiangi.:-(

    Like

  7. kapan2 nyoba ah,,,
    itu ikan harus ikan sepat ya mbak ?
    Diganti gurami atau ikan teri kayaknya jg pas…
    asal jangan ikan sapu2..
    he he he humor…trims resepnya..

    Like

  8. Wah bener dipost masta mubari deh, bunda rus skarang jadi master chef…WOW mak nyuss,
    yg ini bikin penasaran ach bun, tr coba dewh…
    Lw mytha biasanya yg jenis ini yg dimasak ikan keranjang(cue), di bumbu balado bali..

    Like

  9. @Mytha,

    iya Myt, kuliner Indonesia emang kaya dan bnyk sekali. Gak kalah kok sama masakan luar, apalg sy lidahx emang tradisional. Doyanx masakan kampung aja.:-)

    Like

  10. Hmmm…jd teliur kita d rantau urang ni,kdd yg jual sapat karing d lumajang jd mahadang libur skolah hanyar bulik ke kandangan makan sapat karing puas2…

    Like

Leave a Reply to Johnny Saketeng Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s