ANAK IWAK PAPUYU BATANAK LAWAN MANDAY

Anak Iwak Papuyu Batanak lawan Manday

Artinya adalah anak ikan betok (Banjar: Papuyu) yang dimasak dengan kuah santan bersama manday alias kulit buah Cempedak yang telah diawetkan dalam larutan garam (cara pembuatan manday bisa dilihat di sini).

anak-iwak-batanak-manday.jpg
Nyamannya anak iwak papuyu batanak lawan manday
(duh. . Gambarnya rada gak jelas dan aneh gitu ya?)

Hmm. . . Ini dia salah satu resep masakan Banjar favorit yang agak langka dan hanya bisa dinikmati setahun sekali saat awal musim hujan tiba. Kenapa sebab??

Karena keberadaan anak iwak papuyunyalah yang agak sulit didapat kecuali hanya pas awal musim hujan seperti ini di saat ikan-ikan sudah pada bertelur dan menebarkan anak-anaknya yang masih kecil-kecil di sungai dan di persawahan yang berair agak dalam.

BAHAN:
¤ 1/4 kg anak iwak Papuyu, siangi/bersihkan dengan pisau kecil untuk membuang isi perutnya (ini adalah proses yang paling menguji kesabaran karena anak iwak ini ukurannya gak lebih dari 2 cm, sukses membuat saya encok pemirsa!!)

¤ 3 gelas santan cair atau sesuai selera.

¤ 100 gr manday, cuci bersih untuk mengurangi kadar garamnya, potong-potong.

BUMBU IKAN:
Haluskan satu sendok garam bersama satu ruas jari kunyit, sedikit asam jawa dan masing-masing satu siung bawang merah dan putih. Balurkan pada ikan yang telah bersih tadi, diamkan sebentar sampai bumbu meresap.

BUMBU KUAH :
Siapkan santan dalam panci beri satu batang serai yang digeprek, sedikit terasi, irisan 2 siung bawang merah, masing-masing satu cabe merah dan hijau besar, 2 butir buah Ramania mentah (bisa diganti belimbing wuluh, buah binjay atau tomat), 1 cm kunyit yang dihaluskan dan (kalau suka boleh pakai) kemiri yang dihaluskan juga.

Masukkan semua bumbu ke dalam santan bersama manday, setelah mulai mendidih lalu masukkan ikannya. Cicipi rasa/sadangi masin hambarnya jar urang tu, bila agak hambar bisa tambahkan garam dan sedikit penyedap/vetsin.

batanak-manday-2.jpg
Siap santaaap. . .

Setelah mendidih lagi dan sekiranya mantap rasanya serta matang merata, angkat dan sajikan bersama nasi dan sambal acan. Nikmati bersama keluarga dan orang terkasih dalam hidup anda, sungguh kenikmatan tiada tara. Selamat mencoba!!

Oya, ini saya kasih bonus anak iwak papuyu yang digoreng:

anak-iwak-basanga.jpg
Makan gen nyaman lawan anak iwak basanga ngini, bisa kada tatahu lagi jar mintuha lalu. Ckckck. . . .

Warning:
Untuk penderita maag tidak disarankan banyak mengkonsumsi masakan ini, terutama mandaynya karena bisa menaikkan kadar asam lambung anda dan maag bisa kambuh seperti yang saya alami beberapa hari yang lalu.

22 thoughts on “ANAK IWAK PAPUYU BATANAK LAWAN MANDAY

  1. yg di ss atas tu ulahan p ah ciil? 😀 antarakan vnk ciil saberataan ka wadah u.. kasianilah u klaparan blom ad makan lgi :mrgreen:

    Like

  2. @Stevano Achmad,

    iya, ulahanq jua ae, uma. . Mun diantar brataan pd hbs ha, dimapa lg gasan abhx mkn? Xixixi. . . .

    Like

  3. Bungul banar… Hanyar bangun timbul langsung lapar imbah malihat gambarnya iwak. Lamun lamas pulang pas kaingatan sakalinya unda baluman kawin.

    Like

  4. Assalamualaikum…

    Rajinnnya ae mnyiangi iwaknya.

    Begh, mun ky ni, mun hndk baelang k wdh nywa, unda request resep d sini dulu pnk!

    Tp mun manday, unda katuju yg digoreng kering dg tepung bumbu.

    Like

  5. @eanreana,

    wa alaikum slm.

    Ayuuha.

    Yakah? Kwkah manday pake tepung bumbu? Mudil jd ky kentucky jua kah? Kd pnh nyoba lg nah.

    Like

  6. Wah coba ikannya yang masih hidup di close up mbak biar aku tau iwak papuyu tuh kayak apa xD Hehe

    Aku sukanya yang digoreng-goreng xD

    Like

  7. Umai leh… Asa lpar nah tlihat lauk ngintu. Lwas kd suah tmkan nang kaitu lgi wyahni. Hee… 😀 Trimakasih snak ai sdh mnshare, asa handak ma ulah jua ni kena saku lwan resep ngintu.

    Like

Leave a comment