SEMUA PROFESI ADA DI SINI

Apa seorang wanita yang menghabiskan waktunya untuk mengurus anak-anak tidak berhak untuk nikmatnya ME TIME ??
Apa seorang istri yang mengabdikan segenap hidupnya untuk dedikasi sumur, dapur dan kasur hanya boleh berkutat dengan tugas harian tanpa bisa mengikuti apa yang terjadi di luar jendela rumahnya??
Apakah ibu-ibu yang tidak berpendidikan tinggi, tak bekerja, tak pernah mencicipi bangku kuliah, harus terus disodorkan sinetron dan aneka tayangan yang sama sekali tak memberi pencerahan??

Dan memangnya kenapa jikalau saya hanya seorang ibu rumah tangga biasa?
Yang ikut galau ketika ekonomi negara kacau.
Yang ikut bingung kala naiknya BBM membuat kebutuhan hidup melambung.

Dan apa bedanya jikalau saya memakai daster dan wanita karier di sana mengenakan blazer necis bermerek?

Andai dibandingkan, sayapun patut berbangga hati meski 'cuma' berprofesi ibu rumah tangga. Kok bangga berkutat dengan cucian dan bau asap kompor?
Lah iya, siapa coba yang jam kerjanya full 24 jam tanpa shift, tanpa gaji, tanpa pesangon, tanpa cuti, gak ada liburan??
Kalo yang kerjanya ngantor 8 jam sehari juga udah cukup bikin stres. .

Karena seperti inilah profesi IRT sesungguhnya:

GURU PRIVAT

Sedari anak-anak masih berupa embrio dalam rahim bunda rasa-rasanya tak ada secuil halpun yang tak baik untuk diberikan dan diajarkan pada bakal calon anaknya kelak.
Didendangkan ayat-ayat Tuhan di sepertiga malam, terengah-engah rela menukar nyawa dengan nafas membawa nama Allah. Pun anak-anak demikian cepat tumbuh, dari tengkurap sampai tertatih melangkah hingga peliknya matematika, ibu selalu ada menjadi guru yang walau tak pandai dan tak sempurna tapi toh akhirnya serba bisa.
Inilah madrasatul ula (sekolah pertama).

KONSULTAN KEUANGAN

Sebanyak apapun gaji atau penghasilan suami jika tak ada istri yang berpelit ria menghitung anggaran belanja dan menyisihkan satu dua perak untuk tabungan, maka tamatlah dana kehidupan.
Apalagi bila pendapatan justru terbatas pas-pasan cenderung kekurangan.
Jadi ada pertanyaan ditengah segala harga barang melonjak kenaikan: istri yang boroskah atau suami yang minim penghasilan??

PSIKOLOG KELUARGA

Tiba-tiba si buyung pulang dengan wajah murung. Ah, rupanya ada selisih paham dengan temannya. Atau si upik mendadak doyan nyanyi senyum sendiri, rupanya tengah menyukai kakak kelasnya yang anggota OSIS itu. Kadang marah nangis gak jelas, oh. . Sedang pra menstruation syndrome ternyata.
Atau kadang si papah pusing dengan kerjaan, maka istri selalu berada di garda terdepan untuk mendengarkan.

CHEF ANDALAN

Meski bukan ala restoran, ala Prancis atau Ala Italia melainkan sering ALA KADARNYA, telor ceplok, sarden goreng atawa kangkung terasi dan kalau ada uang lebih boleh sesekali makan daging. Anak-anak lahap makan, suami tak keberatan dengan apa yang dihidangkan (walau sering jadi bahan percobaan masakan yang kadang keasinan. . :-P)

DOKTER+ PERAWAT

Wah, si ayah pulang kerja kehujanan, si buyung keseleo main bola, atau si upik yang tangannya melepuh saat perdana masuk dapur, dan dede badannya panas karena tumbuh gigi pertamanya.
Dengan sigap dan telaten wanita ini mengurus 'pasien-pasiennya'.
Mulai dari mendiagnosa, merawat, sampai menunggui sepanjang malampun sudah biasa baginya. Pun esok ia tetap bisa beraktifitas sebagaimana biasa.

MOTIVATOR ULUNG

Ah, mamah cerewet! Keluh anak-anak di satu waktu.
Memang ya, ibu-ibu suka berpanjang-panjang mulut, ngedumel, ngegerundel sampai ngomel-ngomel. Istilah bahasa Banjarnya garunum-garunum bamamay.
Padahal jika positif menilai, semua fatwa-fatwa cerewet itu adalah pacu semangat. Agar anak-anak rajin belajar dan lebih mandiri, supaya si ayah lebih giat menjemput rezeki yang sudah disiapkan Allah, biar tambah rajin ibadah, lebih sakinah mawaddah warohmah, tambah berkah, anak saleh dan salehah dan tidak melangkah di jalan yang salah. .
Amin dah!

Dan saya menulis postingan ini untuk semua wanita, terutama 'ibu rumah tangga biasa' yang sebenarnya adalah pribadi-pribadi luar biasa.
Akhirnya selesai meski kemaren MWB sempat gangguan karena ada upgrade server katanya.

Go Go Go. . . Semangat!!

Gambut damai, pertengahan Ramadhan 2013

30 thoughts on “SEMUA PROFESI ADA DI SINI

  1. ay lav yu pul mam…
    Kata si anak

    ay mis yu darling..
    kata si suami

    smntara goreng tempe kematengan alias gosong

    hehehe…

    Like

  2. Maaf, Sekedar info: utk link artikel di navigasimu harus menuju kearah postingan Artikel kontesmu, masih bisa diperbaiki menu navigasimu(jika mau) utk mendapatkan status Valid, PM/komentar jika sudah. Trmksh

    Like

  3. mom, you're number one for me..

    aku bangga dg para ibu rumah tangga..
    kegiatannya full, pagi siang sore malam,,
    tp ga terlihat mengeluh
    blm bisa ngebayangin gmna capekny jd mama 😐

    Like

  4. mom, you're number one for me..

    aku bangga dg para ibu rumah tangga..
    kegiatannya full, pagi siang sore malam,,
    tp ga terlihat mengeluh
    blm bisa ngebayangin gmna capekny jd mama 😐

    Like

  5. Satu hari dalam setahun minta cuti dengan suami bu,meninggalkan rutinitas,berlibur sejenak dari penatnya dapur dan anak….

    Like

  6. @bunda-prabowo blogsport.com,

    thats very imposible if i can go without my children.
    Susah, dr bayi dah terbiasa cuma sama indukx (ibux) doang, nempel trus kyk alteco.

    Like

  7. hadir dimari,
    ternyata nama sya sudah ada disana yah,,

    heran..
    Cuma komentar saya aja yang tidak anda balas bu,
    yang lainnya mendapat balasan,, why..?
    Hehe..

    Anda ini pemberdaya perempuan yah,,
    kok jadi punya inspirasi saya kesini,,
    siap2 aja bu, 4 atau 5 jam lagi blog saya akan melaunching tentang rumah tangga namun penjabarannya akan sangat berbeda, krna gaya ngeblog saya memang berbeda.

    Like

  8. @rammseiza,

    ya itu, sy pas buka2 juga heran trxta anda sdh nangkring dikomen sy sblmx. Mungkin krn sempat eror kemaren jd trlewat ada entri baru. Sory ye. . .

    Wokeh, sy tunggu postingan kamu yg brapi2 dan siap trbkr bsmx.:-)

    Like

Leave a Reply to ROAD TO HELL JALAN KE NERAKA Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s