MENU PRAKTIS TUMIS UDANG MANIS

udang1.jpg

Sudah bosan dengan aneka hidangan serba ikan, saatnya putar haluan ganti menu makanan. Dan Udang yang jadi pilihan.

Udang yang saya pakai untuk menu ini adalah udang jenis air tawar (Banjar: hundang sungai) yang ukurannya kecil-kecil, imut dan unyu. Karena menurut lidah saya udang jenis ini lebih manis, gurih dan tidak amis. Warna gelap pada udang saat mentah akan berubah menjadi jingga kekuningan, semakin hitam udangnya maka akan semakin cerah menjadi jingga kemerahan saat dimasak.

Ini dia resepnya.
BAHAN:
*1/2 kg Udang segar, buang kepala, sungut dan ujung ekornya.
* Minyak untuk menumis.

BUMBU:
* 2 siung bawang merah.
* 2 siung bawang putih.
* 1/2 ruas jari kunyit.
* sedikit asam jawa.
* Garam secukupnya.
* Gula pasir, sisihkan.

TAMBAHAN PELENGKAP:
* 2 siung bawang merah.
* 2 siung bawang putih.
* 1 batang cabe merah besar.
* 1 batang cabe hijau besar.
* 1 butir buah tomat merah.
Semua bahan pelengkap ini diiris.

CARA MEMASAK:
Haluskan semua bumbu kecuali gula, balurkan pada udang yang telah dibersihkan sampai merata, diamkan beberapa menit agar bumbu meresap.

Sediakan wajan yang telah diisi minyak goreng untuk menumis semua bahan tambahannya. Masak di atas api sedang.

Sambil dioseng-oseng sampai layu dan harum, masukkan udang berbumbu tadi. Aduk terus lalu tambahkan sedikit air dan satu sendok gula pasir. Bila suka boleh tambahkan mecin/vetsin sebagai penyedap. Masak sampai kandungan airnya mendidih dan menyusut.

udang2.jpg

Jika udang telah berubah warna artinya telah matang sempurna.

udang3.jpg

Ini dia, MENU PRAKTIS TUMIS UDANG MANIS siap dihidangkan. ^_^

30 thoughts on “MENU PRAKTIS TUMIS UDANG MANIS

  1. haha..
    Master chef mwb,,
    itu screen shootnya gambar asli hasil masakan ibu yah.?
    Kok menyeramkan bu..
    Wkwkwk..
    Eh becanda bun,, top markotop dah,,yummy…

    Like

  2. @eanreana,

    wa alaikum salam.
    Lg ngerayain 'betapa malasx sy'. Makax beli udang itu yg udah disiangi di pasar, jd pas pulang langsung masak aja.

    Like

  3. Maaf tlat bun…
    Pasti dh disikat habis ma bos sk ne, yg datangnya duluan,,,, bwt dia laen x sisain piringnya aj bun..wkwkwk

    bwt resepnya izn simpan bun,,,,:-)

    Like

  4. kunjungan perdana sob..wah wah makanan menyentuh kunbal sob.,tanks ya infonya sangat menarik,,

    Kali ini aremankz sudah share Font TTF Tabitha Symbian S60v3 Dan S60v2

    kalo ad ksmpatan mampir ke blog ane y sob…

    Like

  5. Absen malam sob
    Gak malming? Jomblo ya πŸ˜† , sama gue juga πŸ˜€

    Jd laper ni Mbak πŸ˜€

    Kunbal slalu di tunggu
    Ada Trik baru ni

    Trik Internet Gratis, xl tanpa pake,Indosat,3 aon, Xl combo Terbaru support download

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s