KETIKA UANG BICARA

Apa? Apa!! Iya, apa!!!
Kau pikir kau siapa? Hanya karena kau kaya rumah segede istana lalu bisa bertindak seenaknya?!

Oh. . . Oke, aku lupa kalau uang yang kau pelihara dalam sangkar emasmu itu bisa berkembang biak rupanya. Iya, rupanya uang-uang itu telah beranak pinak dengan banyak sehingga kau patut menjadi congkak dan tamak.

Aku sering lupa, kalau ternyata uangmu betina yang hermafrodit itu bisa hamil sendiri meski tanpa dibuahi. Dari sejuta saat dipinjam tetangga ia menjelma jadi 2 juta, lalu jadi 4 juta, hingga digit di kalkulator murahan tak lagi mampu membilangnya.

uanguang.jpg

Kau mampu membeli dan memiliki segalanya, melakukan apa saja, bahkan tega menindas siapa saja. Rupanya kau juga kehilangan rasa takutmu, karena semua juga tahu bahwa uangmu juga bisa bicara dan siap membelamu mati-matian. Uangmu mampu membungkam mulut-mulut yang hendak mengabarkan kedok kelicikanmu.

Ah. . . Rupanya kini uang berkelamin ganda yang pandai beranak itu juga pandai bicara dan bersilat kata. Bahkan kepiawaiannya mengolah kata melebihi pujangga dan melewati lihainya putar balik makna ala pengacara.

Lalu uangmu itupun kini juga mulai belajar berjalan dan ku tahu ia kemarin singgah di kantong jubah pak jaksa agar kiprah korupmu tak diketahui publik.

Tempo hari juga uang mu nangkring di dompet pak direktur agar jabatanmu bisa segera menanjaki posisi bonafide cepat kena program promosi di kantor dan serta merta melengserkan relasi-relasi yang menjadi pesaingmu.

Dulu-dulu juga uangmu pernah masuk ke dompet-dompet instansi-instansi penting agar kelak kau bisa menjadi orang yang berdasi

Beberapa hari yang lalu uang itu juga merangsek menjejali peti-peti harta para aparat ketika hendak mengungkap kejahatanmu yang keparat.

Dan hari ini ku lihat uangmu mengalir ke dalam kantong-kantong lusuh pedagang pasar yang kelak akan kau cekik lehernya bila ia tak bisa membayar bunganya.

Juga hari ini aku saksikan uangmu yang pandai beranak pinak, bisa berjalan pun juga lihai bicara itu telah membuat seorang pegawai kantor milik negara itu tidak jadi menunaikan tugas yang diamanahkan orang banyak padanya.

24 thoughts on “KETIKA UANG BICARA

  1. Benar sekali bund. baru sadar kalu uang bisa bicara,..
    ndak akan maju negara kita kalu para koruptor tetap merajalela..
    sayang, ndak ada yg bs saya perbuat… 😦

    Like

  2. Itulah Uang dengan sgala tipu daya
    Itulah Uang yang rakus keserakahan
    Dia terkadang sering berlaku kejam
    Hangus kan belas kasihan
    Patahkan jalinan Silaturrahmi
    Musnahkan keadilan yang meratapi
    Tangisan yang gundah melukai

    wow salut terhadap rangkain aksara
    Penuh makna dan pesan moral

    Like

  3. Waduw uangnya jadi beranak pinak ga punya bapak dunk,
    kira" tau nga ya apa balasan setimpal yg akan diterimanya kelak?
    Bun rus sprtinya setengah marah menulis art ini, apa pernah kena cekikan uang jaddah juga?, kalau aq pernah malah, memang pintar bersilat lidah tuh sipengembang biak, mw dilunasi ga mw, maunya bunganya doang 20persen tiap bln, kapok bgt deh pokoknya, wkt itu mw pinjem 1mggu ech dibalikin ga mw…yg ada uang 2jt setahun jadi4.800.00 amp makan sama garem gara" uang jadah,(kisah nenek q wkt mw masukin aq ke sma bun).

    Like

  4. @Mytha Serpihan Hati,

    gak secr langsung trlibat juga sih. Cuma melht realita di sktr sy.
    Gak setengah mrh lg. Tp udah marah bgt. Disini udah pd rame2 jd lintah darat, menolong di depan menikam dibelakang.

    Like

  5. Waduuh…sekarang bukan para pejabat aja… Malahan ditempatku juga gitu…telat dibalikin uangnya yg cuma 100rb dlm sminggu dh branak jadi 130-150…

    Like

  6. wew emang bener banget tuh, jadi inget sebuat kalimat di temen mwb (tapi lupa lagi namanya), "Jika berbicara soal uang, semua jadi satu agama" whe ga tau, apa ada hubunganya wkwk

    Like

  7. hehe eah bginilah hidup bun, kalau kita tak kuat iman yah bukan tidak mungin kita pon bisa sama seperti mreka.

    Like

  8. Lebih baik miskin bahagia dari pada kaya di cela…
    Hanya gara2 duit..
    Yg di bilang bisa berbicara 🙂

    Tag : JASA PENULIS ARTIKEL, SOLUSI TEPAT BUAT YANG MALES UPDATE POSTING MYWAPBLOG

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s