KETIKA JODOH LEBIH DULU MENGHAMPIRI YANG MUDA

Ketika Jodoh Lebih Dulu Menghampiri yang Muda

Akhir-akhir ini saya sering mendapati peristiwa di mana seorang adik lebih dulu menikah dari kakaknya. Kalau kakaknya laki-laki mungkin biasa saja, tapi ini juga seorang wanita. Maka dari sinilah ceritanya menjadi lain.

Seperti yang pernah saya bahas di postingan tentang ANAK SULUNG yang sering mengalah dan lebih mementingkan adik-adiknya, maka ia sangat mungkin mengesampingkan urusan pernikahan sehingga bisa jadi didahului adiknya.

Terlebih lagi, perkembangan zaman, kemajuan teknologi dan informasi yang tak terbendung lagi, pola pikir yang lebih ‘open minded’, jenjang pendidikan yang ditempuh lebih lama, juga prioritas pembangunan karier yang setara dengan kaum pria, membuat kaum hawa tak terlalu memusingkan perkara pendamping hidup meski usia kian menanjak dewasa.

Kalau dahulu, wanita menikah rata-rata masih usia belasan, kalau sudah usia di angka 2, langsung jadi tersangka ‘perawan tua’ yang sulit jodohnya.

Jujur ya, sebagai wanita saya keberatan dengan label perawan tua ini. Kesannya sangat diskriminatif dan mendeskreditkan kaum perempuan. Tapi memang, budaya dan kebiasaan telah membentuk pola pikir dan anggapan keliru di lingkungan masyarakat. Sebut saja untuk status janda, saya heran kenapa orang-orang banyak memberi label ‘janda gatel’ ? Negatif banget kan? Padahal janda juga manusia, seorang wanita yang kerjaannya gak garuk-garuk melulu lantaran ‘kegatelan’. Kejam ih ! Masyarakat menjudge seringkali tanpa memikirkan dampak jangka panjang bagi kaum perempuan ini.

Dan berbanding sungsang seratus delapan buluh derajat terhadam kaum pria yang menyandang gelar duda. Pernah dengar ada duda genit? Atau gatel juga? GAK ! Yang ada mah DUREN MONTONG (duda keren bermobil tebal kantong). Heran, kok wanita kebagian label gak enak melulu meski berstatus serupa pria.

Oke, itu sebagai gambaran yang tak ada gambarnya saja. Kita kembali ke topik. Nah, karena itulah saya lebih memilih label ‘melajang lebih lama’ saja. Kesannya jauh lebih positif dan tak memberi beban mental pada kaum hawa yang telat menikah ini.

Dari yang saya lihat, kaum wanita yang melajang lebih lama ini pikirannya cerdas dan terbuka. Mereka tak terlalu memusingkan perkara ketika sang adik yang notabene sekian tahun lebih muda darinya untuk meminta ijin lebih dulu menikah. Dengan hati terbuka mereka rela membiarkan adiknya bersanding lebih dulu. Toh, perkara jodoh siapa yang tahu? Lagian menikah bukan ajang perlombaan mencapai finish, siapa yang duluan mutlak menang. Selain yang pasti kapan menikah adalah urusan prerogatif Tuhan, juga merupakan pilihan.

Anehnya, meski si wanita lajang yang tak keberatan adiknya menikah lebih dulu ini mampu legowo dan menerima segalanya, lagi-lagi masyarakat disekitarnya membuat keruh suasana. Banyak yang berkata seakan-akan itu menjadi aib. Seolah-olah melajang lebih lama sangat memalukan kaum wanita yang menyandangnya. Masyarakat dengan segala budaya, kebiasaan dan pemahaman yang keliru seperti berlomba-lomba untuk menjatuhkan mental dan semangat mereka. Seakan-akan kebahagiaan manusia hanya diukur dari cepatnya terjadi pernikahan.

Di sisi lain, pada fase ini wanita memang seperti kurang berdaya terus-terusan dicecar tanya ‘kapan menikah?’ Dibanding pria, wanita yang melajang lebih lama memang harus punya kesabaran ekstra. Orang banyak tahu apa? Toh hidup kita yang menjalaninya. Lagipula melajang apa salahnya? Kelak nanti kita akan merindukan hal-hal yang hanya bisa kita lakukan seorang diri.

Tunjukkan bahwa ketika jodoh belum dikirimkan Tuhan artinya kita masih punya waktu mengasah kemampuan diri. Masih harus membahagiakan diri sendiri dengan menikmati momen pencarian jati diri ini.

Dan yang terpenting, kita berhak mendapatkan jodoh terbaik yang kita cintai.

Begitulah kira-kira, dan bagaimana menurut anda?

Oya, sekarang jarang posting dan belum blogwalking karena sudah harus bantu suami berdagang. Jadi kalo udah ketemu bantal langsung tepar.

Advertisements

30 thoughts on “KETIKA JODOH LEBIH DULU MENGHAMPIRI YANG MUDA

  1. kalau nurut ane bun,ini berasal dari adat istiadat kakek moyang kita dulu. waktu jadul belum ada istilah emansipasi wanita,dan ada juga imej kalau menikah di wktu muda nanti kalau pnya anak ibux jd gk ketua an, kalau memang alasannya kaya gitu, bisa bisa kaya legenda sangkuriang, anak suka sama ibu karna umur gk jauh beda.
    tapi sekarang jaman emansipasi wanita,wanita pun harus tangguh,bahkan mengejar pendidikan sampe jenjang yg tinggi. kalau di daerah saya bun, cewek umur 23 belum kawin tpi dia lagi kuliah entah kenapa dimaklum tetangga. bilangnya wajar kalau kuliah belum kawin, kalau kawin tar pendidikanx ke ganggu. tp beda lg kalau cewek umur 23 penggangguran atau kerja bilangnya cepet kawin tar keburu liat (tidak elastis lagi). yah begitu lah bun,indonesia kental akan mistis,adat istiadat pun berbau mistis jadinya begini.

    Like

  2. jdi was2 stelah baca artikel diatas, adik q udah punxa pcar , gimna klox dia melengkahi aq ya wkwk
    aku tak mau di predikat negatif 😦

    Like

  3. @Emma Κ·,
    @cammy
    @ramm.

    Itulah susahx, lg2 kt berbenturan dgn adat/kebiasaan yg seringkali menekan dan memojokkan perempuan. tp kan jodoh urusan Tuhan. Sabar dan doa adlh yg utama. Membuka hati dan diri penting sekali asal jgn lupakan harga diri. Terutama kaum hawa.

    Like

  4. @Bandit inshaf,

    hny sbg umpama sj. Kalo lelaki duda pasti capx duren(duda keren), positif bgt beda kalau wanita janda, pasti capx negatif mulu. Pdhl status serupa.

    Like

  5. @ψ MaCaN stRez ψ,

    kalo laki2 usahax bs lbh agresif. Lah kalau prempuan? Tetap harus sbr menanti laki2 yg brani mencintaix dan serius melamarx.

    Like

  6. Kunjungan malam sob :mrgreen:

    Nice post Sob

    Mampir, Ada post baru ni

    Opera mini Gratis Telkomsel langsung pancal download big file november-Desember 2013 for java dan symbian, dan untuk kartu lain nya juga ada lhoo :grin:=======================
    Kumpulan Apps keren dan Game HD android [samsung galaxy y and other] dan hp java

    Like

  7. Assalamu'alaikum wr wb

    kunjungan silaturrahim bunda

    wt post'a ntan lum bs kmen,cz lum bsa bc slruh'a,ijin kmen dlu z ea bun

    mt rehat n
    salam santun

    Like

  8. kunjungan siang sobat semua. sy datang untuk memberikan keuntungan yg menjanjikan, hanya bermodalkan hp. maka anda akan bisa mendapatkan pulsa n uang yg banyak. mw bukti silahkan kunjungi blog sy. n manfaatkan hp anda. ok sobat semua ta tunggu ya. n bagi sobat yg mw di follow blognya silahkan tingglkan jejak sobat. n buat admin trims atas tempatnya karna blognya sudah ane pakai promo.

    Like

  9. @Shaufiy Kahayan,

    kaitu pang dah muntung urg. Aq ne badingsanak binian hj, jd tahu bnr rasax 'muntung urg'. Napa da lg lain pd sbr.

    Like

  10. Menikah itu butuh mental dan juga kesiapan diri
    Kalau masih belum siap
    Ya lebih baik jangan dulu
    Makasih artikelnya bnda πŸ™‚

    Like

  11. kunjungan perdana ane kak.. πŸ™‚
    Follow sukses.. . . Kunjungan sukses.. . .
    Jangan lupa follback ma kunbal nya yak!!! Hehehe πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

    Like

  12. @dewi fitriani,

    wah, kalau kamu gak ada pasti d cari org serumah nantix. Walau kurang mengenakkan, tp restu kamu sbg kakak juga sgt dibutuhkn.
    Dan smoga dgn berkah pernikahan adikmu, kamu juga bs segera menyusul dan mendptkan jodoh terbaik.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s